Kadal 181 : Benarkah Mendengar Musik Mempercepat Proses Belajar?

Setiap orang pasti mempunyai caranya tersendiri untuk menikmati sebuah proses belajar, mulai dari belajar sambil ‘ngemil’, belajar sambil bermain, belajar secara berkelompok, atau bahkan belajar harus sambil mendengarkan musik. Berbagai cara belajar ini tergantung dari pribadi setiap orang, tidak selalu bisa kita samakan antara satu orang dengan orang yang lain. Banyak juga yang menganggap bahwa mendengar musik itu bisa mempercepat proses belajar, lho. Benar ga yaa?

Salah satu teori tentang belajar, yaitu teori mozart yang mengatakan bahwa belajar sambil mendengar musik dapat membantu mengembangkan fungsi otak kita. Pada saat itu, karena teori tersebut telah menyebar, banyak orang beranggapan bahwa belajar sambil mendengar musik dapat meningkatkan kemampuan IQ manusia. Dari sini juga muncul anggapan bahwa seorang ibu yang sedang hamil disarankan untuk memperdengarkan musik di hadapan perutnya untuk merangsang tumbuh kembang anak.

Akan tetapi, pada kenyataannya penelitian teori ini tidak benar. Mendengarkan musik sama sekali tidak membantu tumbuh kembang otak kita atau meningkatkan kemampuan berpikir kita. Berdasarkan hasil uji, peningkatan fungsi otak karena mendengarkan musik hanya berlangsung beberapa waktu dan bersifat sementara.

Sumber: mainmain.id

Walaupun teori dari mozart tersebut hanya mitos, belajar sambil mendengarkan musik memang terbukti memiliki manfaat, salah satunya meningkatkan mood seseorang yang sedang belajar. Jika kita senang mendengarkan musik, terutama musik yang kita sukai pastinya akan meningkatkan kadar dopamin. Dopamin ini adalah senyawa kimia dalam otak yang membuat manusia bahagia. Dalam beberapa kasus, musik memang meningkatkan perasaan bahagia kita sehingga kita lebih memilih belajar sambil mendengar musik. Hal ini tentunya karena perasaan yang positif dapat meningkatkan kemauan kita dalam belajar sehingga belajar jadi lebih efektif dan menyenangkan.

Selain beberapa keunggulan dari belajar sambil mendengarkan musik yang sudah disebutkan diatas, belajar tipe ini juga memiliki beberapa kerugian, contohnya akan mengganggu konsentrasi si pelajar. Untuk beberapa orang, belajar sambil mendengar musik juga membuat pembelajaran jadi tidak efektif karena saat mendengarkan lagu yang terdapat lirik didalamnya, otomatis otak manusia akan berusaha menangkap makna dan arti dari lirik tersebut.Dengan kata lain, saat belajar sambil mendengarkan musik, otak kita akan melalukan dua hal sekaligus secara bersamaan, yang tentunya akan memberatkan fungsi dari otak.

Belajar sambil mendengarkan musik merupakan pilihan, hal ini kembali lagi kepada orang tersebut, lebih nyaman belajar sambil mendengar musik atau belajar dengan serius tanpa diganggu oleh suara apapun.

Research and Development by Puspa Anggraeni

Edited by Rahmadiani Irsy

 

Source :

https://pahamify.com/blog/artikel/belajar-sambil-dengerin-musik-efektif-gak-sih/

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/mendengarkan-musik-sambil-belajar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *