Mari Lebih Mengenal Kereta Api

Kereta api atau kereta listrik (saat ini) merupakan salah satu alat transportasi massal yang terdiri atas rangkaian gerbong, berjalan mengikuti rute jalurnya, dapat mengantarkan penumpangnya hingga antarkota, dan dianggap sebagai salah satu alat transportasi tercepat untuk digunakan oleh orang-orang yang memiliki sedikit waktu dalam perjalanan. Tarif yang dibanderol untuk dapat menaiki kereta dinilai cukup terjangkau tergantung dengan jenis layanan yang diinginkan penggunanya. Ada jenis kereta dengan layanan VIP dan juga jenis layanan Ekonomi untuk penumpang yang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya perjalanannya.

Sejarah penggunaan Kereta Api di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1864, di mana pertama kali dilakukan pembagunan jalur kereta dari kegiatan pencangkulan di daerah Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta), Desa Kemijen oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Mr. L.A.J Bardon Sloet Van De Beele. Kemudian, pembagunan jalur kereta api terus menerus dilaksanakan di luar Pulau Jawa, hingga akhirnya hampir di setiap daerah memiliki rute jalur kereta api. Pada awalnya kereta api digunakan untuk kepentingan peperangan. Namun, saat ini kereta api lebih dimanfaatkan sebagai moda transportasi yang paling efisien dilakukan karena kecepatan tempuhnya yang dinilai cukup cepat. Sesuai dengan namanya, kereta api, pada awalnya menggunakan bahan bakar berupa batu bara yang dibakar di dalam kereta sebagai tenaga untuk menggerakkan jalannya kereta, tetapi saat ini kereta digerakkan dengan menggunakan listrik.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkut kereta api, layanan yang bisa digunakan adalah jasa angkut penumpang dan juga barang. Di masa pandemi COVID-19 saat ini layanan yang disediakan oleh PT KAI selalu disesuaikan dengan SE Satgas Penanganan COVID-19 mengenai SE Kementerian perhubungan No.27/2021 tentang Ketentuan perjalanan orang dalam negeri di masa pandemi COVID-19 sehingga akan selalu memberikan kenyamanan untuk semua penumpang yang menggunakan jasa ini tanpa kekhawatiran tertularnya COVID-19 dengan selalu mematuhi semua protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

(BAI/NIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *