Peringatan Hari Tanpa Kendaraan Bermotor

Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau yang lebih sering dikenal dengan nama Car Free Day, kini sudah banyak terjadi hampir seluruh kota di Indonesia. Setiap tanggal 22 September seluruh dunia merayakan “Hari Bebas Kendaraan Bermotor”. Tujuan diadakannya Car Free Day, yaitu sebagai kampanye untuk mengurangi penyebaran polusi udara, terutama di kota-kota besar. Setiap hari diadakannya Car Free Day, masyarakat diajak untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor dan dapat menggunakan pilihan lain, seperti sepeda, berjalan kaki, atau menaiki transportasi umum.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor sebenarnya sudah ada sejak lama. Pada tahun 1950-an, muncul sekelompok orang yang memprotes penggunaan kendaraan bermotor. Mereka beranggapan bahwa kendaraan bermotor terutama mobil menyebabkan pencemaran lingkungan. Melihat hal tersebut pada tahun 1956 hingga 1957, Belanda dan Belgia mulai mengadakan Hari Minggu Bebas Kendaraan Bermotor.

Sumber gambar: www.xinhuanet.com

Pada tahun 1994, sebuah Konferensi Internasional berlangsung yang membahas strategi untuk mengurangi ketergantungan pada kendaraan bermotor. Setelah adanya konferensi tersebut, di Inggris pada tahun 1997 British Environmental Transport Association mengoordinasikan untuk tiga hari bebas kendaraan bermotor. Hal tersebut yang kemudian diikuti oleh negara Eropa lainnya, seperti Spanyol, Italia, dan Prancis.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor akhirnya meluar hingga ke Amerika Selatan. Pada tahun 2000-an di ibu kota Kolombia, Bogota, mengadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Pada tahun yang sama, yaitu tanggal 22 September 2002 European Car Free Day diadakan. Sejak saat itulah Hari Bebas Kendaraan Bermotor menjadi acara tahunan di 46 negara dan 2.000 kota di seluruh dunia.

Sumber gambar: foto.kompas.com

Indonesia sendiri pertama kali diadakannya Car Free Day pada tahun 2001 yang diadakan di Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Setelah itu, pada Hari Bumi 22 September 2002 diadakan kembali dan ternyata berlangsung dengan sukses. Kemudian, Car Free Day mulai diadakan setiap sekali dalam sebulan. Tepatnya pada Mei 2012, Hari Bebas Kendaraan Bermotor mulai berlaku dan diadakan di Jakarta. Car Free Day diadakan setiap hari Minggu di ruas Jalan Thamrin hingga Jalan Sudirman. Setelah itu, Car Free Day seakan menjadi agenda wajib mingguan yang mulai diikuti oleh beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

CK/KAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *