Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93, Menpora Luncurkan Logo dan Maknanya

Pada tanggal 28 Oktober, Indonesia selalu memperingati Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan keputusan dari Kongres Pemuda Kedua.Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yang berbunyi:

  1. Kami poetra dan poetri Indonesiamengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoeberbangsajang satoe, bangsa Indonesia.
  3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoengbahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Tepat pada 28 Oktober 2021, Hari Sumpah Pemuda menginjak umur ke-93 tahun. Seperti agenda tiap tahunnya, Indonesia selalu mempunyai logo Hari Sumpah Pemuda. Dengan menyambut Hari Sumpah Pemuda, pada tanggal 28 September 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, secara resmi meluncurkan logo Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun.

Tema yang diambil pada perayaan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021, yaitu “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”, sedangkan logonya merupakan hasil dari pemenang dalam sayembara logo Hari Sumpah Pemuda ke-93tahun. Dalam sambutannya, Menpora Zainuddin Amali menegaskan untuk pemuda di Indonesia agar terus menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia. Menurutnya, hal ini dirasa perlu untuk membangkitkan potensi dalam situasi pandemi, serta tetap turut menjaga pertumbuhan ekonomi nasional dengan mengembangkan jiwa entrepreneurship.

Sumber: seputarlampung.pikiran-rakyat.com

“Mari bersama semua elemen bangsa, pemuda bersatu, bangkit, dan tumbuh demi kemajuan bangsa Indonesia yang kita cintai ini,”ucap Menpora Zainuddin Amali.

Logo tahun ini yang diluncurkan Kemenpora bukan semata-mata logo biasa, dari logo yang diangkat terkandung makna di dalamnya, yaitu:

  • Angka 93 dibuat menyambung tanpa putus memiliki makna komitmen pemuda dan pemudi Indonesia untuk bersatu mengatasi pandemi COVID-19.
  • Warna yang beragam memiliki makna kolaborasi pemuda Indonesia yang beragam dan bersama berkomitmen mewujudkan ekonomi Indonesia tumbuh dengan semangat kewirausahaan pemuda dan pemudi.
  • Semangat kepemudaan dibuat dalam bentuk yang tegas. Hal ini mencerminkan jiwa dan semangat pemuda dan pemudi yang akan terus berkobar untuk Indonesia bangkit.

Hari Sumpah Pemuda harus menciptakan semangat baru bagi rakyat Indonesia, terutama pemuda Indonesia untuk terus bersama memperjuangkan Indonesia dan bergotong-royong untuk Indonesia yang lebih baik lagi. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun.

ARF/KAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *