PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR TEKNIK MENULIS KARYA ILMIAH

Pelatihan keterampilan dasar dalam menulis karya ilmiah yang dijadikan sebagai program pengabdian kepada masyarakat diselenggarakan pada tanggal 18 Juni 2021. Kegiatan dilaksanakan melalui pertemuan dalam jaringan (daring) menggunakan platform Zoom Meeting sehingga dapat dihadiri oleh peserta dari kediaman masing-masing. Hal tersebut dipilih sebagai alternatif pelaksanaan dikarenakan situasi lingkungan masih dalam kondisi pandemi COVID-19 sehingga tidak memungkinkan apabila diselenggarakan secara langsung. Namun, walau demikian, pelaksanaan pelatihan dapat berjalan lancar, kondusif, dan penuh partisipatif dari para peserta.

Pelatihan dihadiri oleh 236 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi yang bermitra dengan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta melalui perjanjian MoU, yaitu di antaranya Sekolah Tinggi Ilmu Agama Budha Jianrakhita Lampung, STIE Pertiwi, dan Universitas Halu Oleo.

1.Materi Paraphrase dan Mendeley yang disampaikan oleh Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd.

Pada sesi kegiatan ini, narasumber mengawali dengan penjelasan secara teori teknik paraphrase dalam melakukan pengutipan sebuah artikel. Setelahnya, narasumber mensimulasikan penggunaan aplikasi Mendeley dengan submateri yang dilatih adalah: (1) cara mengunduh aplikasi; (2) cara registrasi; (3) cara menginstal aplikasi pada desktop pc atau laptop; (4) cara menambahkan data artikel pada aplikasi secara manual maupun otomatis; (5) cara membuat folder artikel pada aplikasi; (6) cara mengutip artikel di Microsoft Word dengan menggunakan aplikasi; (7) cara membuat grup artikel pada aplikasi; (8) cara insert daftar pustaka secara otomatis (dengan menyesuaikan format) dengan menggunakan aplikasi.

Gambar 3a. Penyampaian materi Mendeley
Gambar 3a. Penyampaian materi Mendeley
Gambar 3b. Penyampaian materi Parafrase

2. Materi Microsoft Advance dan Grammarly yang disampaikan oleh Aditya Pratama, M.Pd.

Pada sesi ini, narasumber mengawali dengan mensimulasikan cara menginstal aplikasi Grammarly pada Microsoft Word. Selanjutnya, narasumber mensimulasikan cara kerja Grammarly dalam mengoreksi artikel penelitian yang menggunakan bahasa Inggris. Materi kedua yang disampaikan oleh narasumber adalah tutorial membuat daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, margin, nomor halaman, dan daftar pustaka secara otomatis dengan menggunakan teknik Microsoft Advance.

Gambar 4. Penyampaian materi Grammarly dan Microsoft Advance

3. Materi Akses Jurnal Internasional dan Publikasi Internasional oleh Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M.

Pada sesi ini, narasumber memaparkan jenis-jenis jurnal internasional open access, cara terhindar dari jurnal-jurnal predator, serta cara mempublikasikan artikel pada jurnal internasional.

Gambar 5. Penyampaian materi Akses Jurnal Internasional dan Publikasi Internasional

Semua materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan relevan dengan kebutuhan para dosen dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dalam melakukan penelitian karya ilmiah. Penyampaian materi pada masing-masing sesi berlangsung selama kurang lebih 60 menit sesuai dengan materi yang disampaikan pada sesi tersebut. Selama acara berlangsung, kegiatan terselenggara dengan interaktif sehingga antusiasme peserta, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa tingkat akhir, sangat terasa.  Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan, yaitu peserta mengisi link evaluasi pelatihan yang dibagikan oleh panitia sebagai bahan masukan untuk memperbaiki kegiatan pengabdian yang akan datang.

Gambar 6. Form Evaluasi Peserta

KEBERHASILAN KEGIATAN

Keberhasilan program pelatihan ini dinilai dari jumlah kehadiran peserta yang melebihi dari sasaran awal di mana pelatihan dihadiri oleh 236 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, artinya terdapat lebih dari 100% capaian kehadiran peserta.

Penulis:

Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd.

Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M.

Aditya Pratama, M.Pd.

Editor: Khairunnisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *