Pengukuhan Guru Besar Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Rabu, 06 Oktober 2021, Rektor Universitas Negeri Jakarta mengadakan acara Pengukuhan Guru Besar Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta Kampus A yang disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan kanal Youtube Edura TV. Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta, serta para wakil dan jajarannya, anggota senat, dosen, hingga mahasiswa.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB diawali dengan prosesi pimpinan, senat, dan dewan guru besar Universitas Negeri Jakarta memasuki ruang sidang. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Kebangsaan Indonesia Raya” dan “Hymne UNJ.” Pada pukul 09.20 WIB, Prof. Dr. Komarudin, M.Si. selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta membuka  sidang dan memberikan sambutan “Hadirin yang kami hormati, pengukuhan tiga guru besar tetap UNJ hari ini merupakan rangkaian pengukuhan yang kelima dari dua puluh lima besar yang akan dikukuhkan pada tahun ini, pecapaian dan prestasi terbaik ini patut kita syukuri bersama, dan semoga menjadi penguat tekad kita untuk meningkatkan kualitas dan mewujudkan visi UNJ menjadi kampus terbaik di Indonesia dan bereputasi di kawasan Asia,” ucap beliau.

Setelah itu, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd membacakan daftar riwayat hidup dari Prof. Dr. Dra. Hj. Dewi Susita, M.Si. Selanjutnya, Prof. Dr. Dra. Hj. Dewi Susita, M.Si  yang bergerak di bidang ilmu manajemen menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Model Transformasi Perilaku Organsisasi Menghadapi Tantangan Global. Dalam orasinya tersebut beliau memaparkan Global Environment yang terbagi menjadi Politics & Economic, Legal System, Technology & Inovation, Cultural, Labour Force Characteristic, dan Competition”. Di akhir orasinya, beliau menyampaikan terima kasih dan mengucapkan selamat pada para guru besar tetap UNJ yang hari ini dikukuhkan.

Acara dilanjutkan dengan persembahan lagu yang berjudul “Kampuang Nan Jauh di Mato” oleh paduan suara. Setelah itu, Pak Ari kembali membacakan daftar riwayat hidup dari Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, S.E., M.Si. dan Prof. Dr. Dra. Hj. Dewi Susita, M.Si yang bergerak di bidang ilmu ekonomi menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Strategi Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Perdagangan Internasional.” Dalam orasinya beliau memaparkan resume target dan capaian di tahun 2019 sampai 2020. Tujuan pertamanya adalah menghapus kemiskinan. Tujuan tersebut tercapai di tahun 2019 tercapai, tetapi pada tahun 2020 tidak tercapai, kehidupan sehat dan sejahtera pada tahun 2019 dan 2020 tidak tercapai, Pendidikan berkualitas pada tahun 2019 tercapai tetapi pada tahun 2020 tidak tercapai. Sama halnya dengan tujuan kedua, yaitu kemitraan global untuk mencapai tujuan, yang tidak tercapai pada tahun 2019-2020, tetapi pada 2021 tercapai. Di akhir orasinya, beliau menyampaikan terima kasih kepada orang-orang sekitar yang selalu mendukungnya.

Acara dilanjutkan dengan persembahan lagu “Tanah Tumpah Darahku” oleh paduan suara. Setelah itu, Pak Ari kembali membacakan daftar riwayat hidup dari Prof. Dr. Harya Kuncara Wiralaga, S.E,. M.Si. yang bergerak di bidang ilmu ekonomi menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Mewujudkan Kredibilitas Fiskal dalam Rangka Pemulihan Ekonomi”. Dalam orasinya, beliau memaparkan kebijakan fiskal yang sebetulnya dilandasi dengan pemikiran harus menggunakan rules karena time lag-nya lebih pendek dibandingkan dengan diskreksi. Kebijakan fiscal yang berbasis aturan mendorong kebijakan konsolidasi fiscal dan inilah yang sedang terjadi di Indonesia. IMF membagi aturan fiscal dengan penerimaan, belanja, utang, dan defisit primer atau total. Aliran ekonomi tampaknya mendukung aliran fiscal yang berbasis pada aturan. Di akhir orasinya, beliau menyampaikan terima kasih kepada orang-orang sekitar yang selalu mendukungnya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan surat pengukuhan rektor tentang penganugrahan rencana guru besar. Kemudian, penyerahan surat keputusan oleh rektor dan pengalungan samer oleh ketua senat. Lalu, dilanjutkan dengan ucapan selamat dari ketua senat.

“Ucapan selamat kepada Ibu Prof. Dr. Dra. Hj. Dewi Susita, M.Si., Ibu Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, S.E., M.Si., dan Bapak Prof. Dr. Harya Kuncara Wiralaga, S.E,. M.Si. sebagai guru besar tetap fakultas ekonomi Universitas Negeri Jakarta, selamat dan teruslah berkarya, dengan pusat-pusat keunggulannya, semoga UNJ kelak akan mewujudkan ikhtiarnya menjadi universitas yang bereputasi di planet ini,” ucap ketua senat, yaitu Prof. Dr. Hafid Abbas.

Lalu, kembali meyanyikan lagu “Mars UNJ” dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Ahmad Fauzi. Sidang terbuka Universitas Negeri Jakarta ditutup oleh rektor.

“Sidang terbuka Universitas Negeri Jakarta, dengan acara Pengukuhan Guru Besar atas nama Ibu Prof. Dr. Dra. Hj. Dewi Susita, M.Si., Ibu Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, S.E., M.Si., dan Bapak Prof. Dr. Harya Kuncara Wiralaga, S.E,. M.Si, Saya nyatakan secara remi ditutup,” ucap Prof. Dr. Komarudin, M.Si. dengan memukul palu sidang sebanyak tiga kali.

Kemudian, prosesi pimpinan senat dan guru besar Universitas Negeri Jakarta meninggalkan ruang sidang dan dilanjutkan pemberian ucapan selamat. Acara Pengukuhan Guru Besar Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta selesai.

(AR/NAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *