PENYEBAB HANDPHONE MUDAH PANAS

Sebagai pengguna telepon seluler, pastinya kita sering menemukan bahwa handphone yang kita gunakan seringkali cepat panas, apalagi jika dimainkan dalam waktu yang lama. Selain karena terlalu lama dimainkan, terdapat beberapa faktor pemicu  yang dapat menyebabkan ponsel kita cepat panas. Kita dapat mengidentifikasi sendiri penyebab dari hp yang panas tersebut seperti:

  1. Jika panasnya berasal dari belakang ponsel, penyebabnya bisa jadi karena baterai ponsel kita yang bekerja terlalu lama.
  2. Jika panasnya berasal dari depan ponsel atau layar ponsel, penyababnya bisa jadi karena chipset (CPU dan GPU) dari ponsel tersebut yang sedang bekerja keras.
  3. Jika panasnya berasal dari bawah ponsel, maka penyebabnya bisa jadi karena terdapat masalah pada sistem pengisian daya.

Selain masalah yang terdapat pada hardware seperti yang disebutkan di atas, ponsel yang panas juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain yang menjadi pemicu dari panasnya ponsel tersebut seperti:

  1. Layar ponsel terlalu terang

Layar ponsel yang terlalu terang juga dapat menyebabkan ponsel kita panas, karena layar yang terlalu cerah dapat memengaruhi prosesor serta dapat membuat baterai cepat habis.

  1. Banyak aplikasi yang terbuka

Penyebab lainnya juga karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Biasanya orang-orang sering membuka aplikasi tanpa benar-benar menutupnya dan membiarkannya menumpuk. Hal ini juga dapat menyebabkan ponsel lemot hingga panas.

  1. Operasi sistem yang tidak update

Salah satu penyebab lainnya, yaitu sistem android/ios yang belum update. Sistem android/ios yang belum diperbarui dapat menyebabkan ponsel cepat panas karena perbaruan pada sistem operasi dapat memperbaiki bug yang dapat mempengaruhi kinerja baterai yang lebih efektif. Jika sistem belum diperbarui,  perangkat akan menjadi mudah lemot dan panas.

  1. Masalah pada baterai

Aspek lainnya juga bisa datang dari baterai itu sendiri. Jika baterai ponsel yang kita gunakan sudah teralu lama dan kesehatan baterai sudah cukup buruk juga dapat menyebabkan ponsel kita jadi mudah panas.

  1. Menggunakan HP ketika dicharger

Hal umum yang seringkali dilakukan adalah menggunakan HP saat sedang di charger. Hal ini sangat tidak disarankan karena selain dapat membuat ponsel menjadi panas, faktor jangka panjangnya juga dapat menyebabkan kerusakan pada hardware dan juga pada baterai. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan agar ponsel tetap aman.

Hal-hal tersebut merupakan penyebab yang umum dan wajar yang menyebabkan ponsel panas. Kita juga dapat melakukan beberapa cara untuk mencegah hal tersebut, seperti selalu memperbarui software, menurunkan tingkat kecerahan layar, matikan aplikasi yang tidak dibutuhkan, dan juga tidak memainkan HP saat di cas. Dengan begitu, kita dapat mencegah ponsel kita agar tidak cepat panas dan mengalami kerusakan.

(SPY/TAR).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *