Sudirman Cup 2021: China Ambil Gelar ke-12

Jakarta – Negeri Tirai Bambu telah amankan gelar juara Sudirman Cup untuk ke-12 kalinya. Gelar ke-12 ini sekaligus membuat China mempertahankan kedudukannya sebagai juara bertahan sedari Sudirman Cup edisi tahun 2019. Hasil tersebut didapat setelah China unggul atas Jepang dengan skor besar 3-1 di babak final pada Minggu (3/10) di Energia Areena, Finlandia.

He Ji Ting/Zhou Hao Dong menjadi partai pertama yang sumbangkan poin untuk China setelah menebas kekuatan Jepang. Ganda putra yang baru dipasangkan itu menaklukan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi melalui pertarungan sengit rubber game dan memenangkan pertandingan dengan skor 21-17, 14-21, dan 21-16.

Kedudukan China 1-0 atas Jepang tak bertahan lama setelah Chen Yu Fei kalah dari Akane Yamaguchi. Skor imbang satu sama dibuat oleh Jepang melalui straight game dengan skor 21-19 dan 21-16 untuk kemenangan Akane Yamaguchi.

Partai ke-3 pun dipertandingkan melalui sektor tunggal putra yang mempertemukan Shi Yu Qi melawan World No. 1, Kento Momota. Meski membawa titel World No. 1, Kento Momota harus mengakui keunggulan lawan melalui rubber game. Shi Yu Qi pun sumbangkan poin ke-2 untuk China melalui skor 21-15, 8-21, dan 21-12.

Sumber gambar: Kompas

Momen penentuan terjadi saat partai ke-4 sektor ganda putri dimainkan. China menurunkan wakil terbaiknya yakni Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan harus menantang pasangan baru Jepang, Mayu Matsumoto/Misaki Matsutomo. Hanya dengan dua gim langsung, peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020 itu sumbang poin kemenangan untuk China dengan skor 21-17 dan 21-16.

Hasil tersebut membawa China unggul 3-1 atas Jepang, dan memastikan diri sebagai juara bertahan. Kemenangan China membuat Jepang harus puas menjadi runner up setelah sebelumnya menjadi runner up juga di Sudirman Cup edisi 2019 yang dihelat di Nanning, China.

Posisi ke-3 diisi oleh Korea Selatan yang pada babak semifinal kalah dari China dengan skor telak 3-0. Selain Korea Selatan, Malaysia juga mengisi tempat yang sama sebagai juara ke-3 setelah kalah dari Jepang dengan skor 3-1 di babak semifinal.

DHZ/NIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *