Kadal 185: Mana yang Lebih Diminati? E-Money atau E-Wallet?

Berkembangnya zaman menuntut kita menggunakan apa pun yang berbau digital atau yang lebih mengutamakan teknologi. Sama halnya dengan penggunaan uang sebagai media pembayaran yang syah. Saat ini keberadaan uang cash sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan yang namanya electronic money. Transformasi digital juga turut mengubah cara transaksi masyarakat ke arah nontunai atau cashless. Bank Indonesia (BI) mencatat volume dan nilai transaksi uang elektronik di Indonesia terus meningkat dalam lima tahun ke belakang.

Pertumbuhan pesat transaksi nontunai tak lepas dari kian banyaknya penyedia layanan transaksi digital dari perbankan, operator seluler, dan perusahaan rintisan (startup) dalam beberapa tahun ke belakang. Mereka terus memperkenalkan produknya ke publik. BI mencatat hingga 27 Mei 2020 terdapat 51 penyelenggara uang elektronik di negeri ini. Begitu juga tak lepas dari peran pemerintah yang terus mengajak masyarakat beralih ke pembayaran nontunai. Hal ini karena pembayaran nontunai lebih hemat, efisien, dan memiliki jangkauan lebih luas ketimbang secara tunai.

Ditilik lebih dalam, konsumen lebih sering menggunakan e-wallet ketimbang e-money. Hal ini tercermin dari hasil riset Katadata Insight Center (KIC) bahwa 11,1% responden menggunakan Dana setiap hari. Dana adalah salah satu jenis e-wallet yang beredar di masyarakat. Sementara itu, konsumen yang memanfaatkan e-money setiap hari berada di urutan kedua dengan 9,1%. Riset ini menggolongkan e-money pada merek Flazz BCA, e-money Mandiri, dan Brizzi. Riset KIC menyatakan, pertimbangan utama konsumen memilih layanan pembayaran digital adalah keamanan. Sebanyak 62,2% konsumen menilai faktor ini sangat penting. Tak heran jika e-wallet yang memiliki fitur keamanan pendukung lebih cenderung dipilih ketimbang e-money. Hal ini yang menyebabkan e-wallet lebih memiliki banyak peminat jika dibandingkan dengan e-money.

Research and Development by Puspa Anggraeni

Edited by Tari Riskianti

Sumber:

https://katadata.co.id/muhammadridhoi/analisisdata/5f97c41b49705/mana-yang-paling-favorit-e-money-atau-e-wallet

https://www.danamon.co.id/id/D-Bank/Artikel/Pilih-Uang-Elektronik-dan-Dompet-Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *