Webinar Investment and Entrepreneurs (WINNER)

Sabtu, 30 September 2021 Program Studi Ekonomi Administrasi telah melaksanakan Webinar Investment and Entrepreneurs (WINNER). WINNER adalah webinar acara yang bertemakan Investasi dan Kewirausahaan. Selain itu, acara ini juga adalah rangkaian acara puncak dari EA EXPLORE, yang sebelumnya terdapat acara Grand Opening EA Explore, SCOPEA, NECTAR, dan PIONEER.

Acara WINNER kali ini mengusung tema “Generasi Muda Kontribusi Menjadi Pengusaha dan Investasi Hebat” . Acara di buka oleh Muhamad Ariza Cahya dan Nur Safhira selaku Master of Ceremony . Agar kegiatan berlangsung dengan lancar, acara dilanjutkan dengan membacakan doa oleh M. Albi Fadhillah, setelah diizinkan untuk duduk tegap dan menyanyikan “Indonesia Raya”.

Setelah menyanyikan lagu Indonesia raya, ketua pelaksana EA Explore, Bachryan Ihsan memberikan sambutan dan dilanjut dengan sambutan ketua BEM Prodi Heru Sapto Nugroho, selanjutnya Dekan Bidang Kemahasiswaan, Pak Indra Pahala memberikan sambutan sekaligus pembukaan webinar.

Rangkaian selanjutnya adalah membaca CV Moderator oleh MC, materi pertama dipandu oleh Novan Yonatan Seilatu. Lalu, moderator membuka dan membacakan narasumber CV. Pamateri pertama pada webinar ini adalah Axel Efraim, beliau adalah Konsultan Keuangan dan Analis Riset. Pada kesempatan kali ini, beliau membawakan materi yang berjudul “Kontribusi Generasi Muda untuk Menjadi Investor yang Baik”. Dalam presentasinya beliau mengatakan, yang terpenting dari investasi, yaitu “ mindset , mental, dan skillset” . Dalam materinya beliau juga memberikan strategi investasi untuk pemula yaitu: Kenali, Tentukan tujuan, dan Modal.Setelah pemaparan materi selesai, lanjut ke sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Selanjutnya ada pernyataan penutup dari pembicara maupun moderator, acara e-sertifikat ke pembicara, lalu MC juga memberikan e-sertifikat kepada moderator.

Setelah materi pertama selesai, dilanjut dengan penayang video oleh sponsor dan setelah itu ada Ice Breaking yang dipandu oleh MC. Setelah sesi Ice breaking berakhir dilanjut dengan materi kedua yang dipandu oleh Dapid Nurdiansyah selakj moderator pamateri kedua.

Moderator membuka dan memperkenalkan pamateri kedua, yaitu Klemens Rahardja, beliau adalah Founder of the Entrepreneurs Society . Materi kedua ini membahas tentang mengapa harus menjadi wirausaha dan cara membuat uang masuk. Sebelum memasuki presentasi materi, berbicara memulai dengan terobosan pola pikir, yaitu peserta harus menggambar pemandangan. Beliau mengatakan bahwa, “Jika ingin menjadi seorang pengusaha harus memiliki cara untuk memanajemen keuangan yang baik dengan cara menabung. Sebagai pengusaha harus memiliki bisnis yang besar, bukan hanya memiliki misi yang lebih rendah, tetapi menyejahterakan karyawannya.”

Dalam pemaparan materinya, beliau juga menjelaskan mengenai transformasi teknologi tiap tahun, evolusi pendidikan di Indonesia dan dunia, pola pikir terkait pentingnya berorganisasi karena melalui hal tersebut kita dapat memiliki banyak peluang dan dapat belajar lebih banyak untuk meningkatkan kemampuan diri. Beliau juga menjelaskan tentang DISC yaitu Dominance, Influencer, Steady dan Compliance, serta semua tes kepribadian dapat dicoba untuk mengetahui kemampuan kita sehingga kita dapat fokus di bidang yang bisa membuat diri kita bersinar melalui bidang tersebut.

Selain itu, saat hendak memulai bisnis atau usaha kita perlu menganalisis peluang, fokus membantu orang lain, memulai dengan menjual barang lain hingga dapat menciptakan produk sendiri, dan modal walaupun berkecukupan. Beliau mengatakan, “Setiap orang memiliki titik mulai dan cara yang berbeda untuk mencapai kesuksesan karena semua orang dapat melebihi kemampuan yang diharapkannya dirinya dan bercahayalah dengan dirimu sendiri.”

Dilanjut dengan menyerahkan e-sertifikat kepada pamateri. Kemudian, MC melanjutkan dengan menyerahkan e-sertifikat pada moderator.

Setelah itu, dilanjut dengan iklan sponsor dan MC mengimbau para peserta untuk melakukan Ishoma (Istirahat, Sholat, dan Makan) terlebih dahulu, dan kembali ke kamar pada pukul 13.15 WIB.

Setelah Ishoma, MC melakukan pengondisian dan pembukaan. Lalu, dilanjut dengan penampilan sponsor dan pengumuman peserta lomba EA Explore. Pengumuman pemenang lomba catur, mobile legend, futsal, poster, video kreatif, voice of EA, dan essay.

Setelah itu, Pak Indra Pahala selaku dosen bidang kemahasiswaan FE UNJ melakukan penutupan EA Explore. Dilanjutkan dengan membaca doa penutup oleh M. Albi Fadhillah, Sosialisasi angket BPM FE UNJ, dan sesi foto bersama.

Dengan berakhirnya acara EA Explore, Bachryan Ihsan sebagai pembuka menyampaikan rasa hormat telah dipilih sebagai penyelenggara dan juga mengadakan untuk semua panitia yang terlibat.

“Yang pasti saya berterima kasih kepada BPH BEMP EA yang sudah mempercayakan saya sebagai ketua pelaksana EA Explore 2021. untuk kesannya ya, senang, sedih, susah, bangga dah pokoknya campur aduk karena ga gampang ngembanah ini. tapi untungnya dibantu sama para koor yang keren. untuk pesannya mungkin harus lebih mempersiapkan diri lagi dalam segala hal,” ucap Bachryan.

(ARF/NAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *