Kadal 188 : Ternyata Introvert Mempunyai Kepribadian yang Berbeda, Lho!

Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata “introvert”? Seseorang yang jarang berinteraksi dengan yang lain? Atau seseorang yang pemalu saat mengikuti pertemuan sosial?

Seringkali orang-orang berpikir jika introvert itu ialah pemalu. Padahal antara pemalu dan introvert berbeda. Dilansir dari halodoc pemalu merupakan suatu sikap yang lebih takut terhadap pandangan atau penilaian sosial terhadap dirinya. Sementara itu, introvert merupakan suatu keadaan dimana seseorang membutuhkan waktu untuk me-recharge tenaga yang mereka miliki dan mereka juga menghindari sesuatu yang dapat membuat emosi mereka terkuras. Selain itu, tahukah kalian jika  ada lebih banyak hal yang menggambarkan seorang introvert daripada sekadar lingkup sosialisasi mereka.

                Menurut penelitian Professor psikologi di Universitas Wellesley, terdapat empat tipe kepribadian introvert, yaitu:

  1. Social Introvert

Ialah suatu keadaan dimana seorang introvert bisa menjadi ramah ataupun tertutup. Mereka juga tidak merasa malu atau cemas dalam lingkungan sosial, tetapi mereka merasa energi mereka akan terkuras jika terlalu lama di luar. Walaupun social introvert suka menghabiskan waktu sendiri terkadang mereka juga masih menginginkan beberapa teman dekat yang bisa diandalkan. Dan diantara sekelompok temannya, mereka cenderung yang paling aktif bersosialisasi. Sehingga seseorang yang tidak mengenalanya akan berpikir jika dia adalah seorang ekstovert saat berkumpul dengan teman dekatnya. Akan tetapi, mereka tidak akan berbagi banyak tentang dirinya kepada siapa pun, kecuali teman terdekatnya.

2. Thinking Introvert

Ialah suatu keadaan di mana seorang introvert tidak masalah untuk bersosialisasi, tetapi mereka jarang melakukannya. Alasannya adalah karena mereka “tersesat” dengan dunia mereka sendiri. Orang lain sering menganggap mereka penyendiri. Selain itu, thinking introvert memiliki proses berpikir yang unik, sehingga sangat sulit untuk mendekati mereka.

3. Anxious Introvert

Ialah suatu keadaan dimana seorang introvert merasa cemas dalam lingkungan sosial, walaupun bersama teman dekat. Mereka lebih mendambakan pada kesendirian. Oleh karena itu, mereka tidak nyaman terhadap hal baru.

4. Restrained Introvert

Ialah suatu keadaan di mana seorang introvert yang senang melakukan perencanaan. Biasanya restrained introvert merupakan orang yang bijak dan tidak suka tergesa-gesa. Akan tetapi, mereka lebih suka bersantai sendiri sehingga mereka merasakan kenyamanan dalam rutinitasnya.

Nah, setelah membaca ini kalian jadi bisa mengetahuikan apa sebenarnya introvert itu? Bagi kalian yang introvert dari keempat jenis tersebut, termasuk yang manakah kalian?

Research and Development by Farah Kamila Huri

Edited by Nadila

Sumber :

https://satupersen.net/blog/apa-itu-introvert-ciri-ciri-dan-kelebihan-introvert

https://www.halodoc.com/artikel/jangan-berprasangka-pada-si-introvert-ini-4-keistimewaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *