Lewat Perpanjangan Waktu, Indonesia Melaju ke Final Piala AFF 2020

Pada laga semi final penuh drama yang berlangsung Sabtu (25/12/21) di Stadion Nasional antara Timnas Garuda Indonesia dengan Singapura membuahkan kemenangan bagi Timnas kebanggaan Indonesia. Melalui pertarungan yang berjalan sengit, Timnas Indonesia akhirnya memenangi laga dengan skor 4-2 atas Singapura yang bermain dengan delapan pemain.

Timnas Indonesia mencetak gol pertamanya dan mengungguli Singapura pada babak pertama yang dicetak oleh Ezra William dengan memanfaatkan umpan dari Witan Sulaeman. Berbagai serangan demi serangan dilakukan oleh Singapura untuk mengimbangi skor Timnas Indonesia. Begitupun Timnas Indonesia yang terus gencar melakukan serangan serta pertahanan dengan menggebrak lewat Witan Sulaeman. Pertahanan Indonesia akhirnya lengah dan menciptakan gol untuk Singapura pada menit ke 45 babak pertama yang dilakukan melalui tendangan bebas oleh Song Ui Young sehingga babak pertama usai dengan skor imbang yaitu 1-1 dengan jumlah pemain Timnas Indonesia lebih unggul dibandingkan Singapura karena satu pemain mendapatkan kartu merah.

Sumber: Kompas Bola

Di babak kedua, Singapura kembali melakukan kesalahan fatal yang berujung dikeluarkannya kartu merah untuk Irfan Fandi sehingga jumlah pemain Singapura tersisa 9 pemain. Namun, dengan keterbatasan pemain, Singapura malah mencetak sebuah gol melalui tendangan bebas yang dilakukan Shahdan Sulaiman. Indonesia kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri dan Irfan Jaya untuk menambah serangan Indonesia. Strategi ini membuat pertahanan Singapura perlahan terkikis dengan serangan yang dilakukan Irfan Jaya. Kemudian, Indonesia dapat menyamakan skor menjadi imbang 2-2 yang dilakukan oleh Pratama Arhan. Hingga akhir babak kedua usai, skor masih imbang sehingga menyebabkan adanya perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Indonesia berhasil mengurung pertahanan Singapura. Indonesia kembali mencetak gol yang dilakukan oleh Irfan Jaya memanfaatkan umpan dari Egy Maulana Vikri. Namun, melalui tayangan rewind memperlihatkan bahwa gol tersebut merupakan gol bunuh diri yang dilakukan pemain Singapura Shawal Anual pada menit ke 91. Indonesia kembali mencetak sebuah gol yang membuat Indonesia unggul 4-2 dari Singapura yang dilakukan oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke 105. Menjelang babak kedua perpanjangan waktu usai, Singapura kembali melakukan kesalahan yang dilakukan oleh kiper, Hassan Sunny yang menjegal Evan Dimas di luar kotak penalti dan berakibat keluarnya kartu merah dari wasit sehingga pemain Singapura tersisa 8 pemain.

Indonesia akhirnya unggul dengan skor akhir 4-2 atas Singapura hingga perpanjangan waktu usai. Indonesia berhasil melaju ke Final Piala AFF 2020. Indonesia rencananya akan berhadapan dengan Thailand atau Vietnam yang akan melangsungkan pertandingan pada Minggu (26/12/2021). (DIN/NIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *