Keseruan Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Tahun 2022

Grand Final pemilihan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta kembali digelar. Acara ini berlangsung pada tanggal 7 Januari 2022 tepatnya di Gedung M Kampus A Universitas Negeri Jakarta dan diikuti oleh tujuh finalis dari lima program studi, yaitu:

  1. Nadia Annisa Putri dari Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi 2019
  2. Nadya Meyliana Hadi dari Program Studi S1 Akuntansi 2019
  3. Annisa Rahmah Indraswati dari Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi 2019
  4. Nefaorin Atara Sayyidina dari Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi 2019
  5. Dimas Cahya Ramadhan dari Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi 2020
  6. A’am Ar Rosyad dari Program Studi S1 Pendidikan Bisnis 2019
  7. Hasyim Rachman dari Program Studi D3 Akuntansi 2020

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini bertujuan untuk menyaring mahasiswa-mahasiswa berprestasi di Fakultas Ekonomi dalam bidang akademik maupun nonakademik. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si. serta para Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan tilawah, dan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya. Lalu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Pembina Formapres FE UNJ 2021, Ibu Terrylina Arvinta Monoarfa, SE., MM. dan Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan, Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan karya tulis ilmiah dari para peserta dan sesi tanya jawab oleh para panelis.

Menuju akhir acara, diumumkan Mahasiswa Berprestrasi (Mawapres) yang terpilih dari masing-masing kategori, yaitu:

  1. Mawapres Terfavorit dimenangkan oleh Annisa Rahmah Indraswati dari Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi 2019,
  2. Juara 2 Jenjang S1 dimenangkan oleh Dimas Cahya Ramadhan dari Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi 2020,
  3. Juara 1 Jenjang Diploma dimenangkan oleh Hasyim Rachman dari Program Studi D3 Akuntansi 2020,
  4. Juara 1 atau Mawapres Utama Jenjang S1 dimenangkan oleh Nadia Annisa Putri dari Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi 2019.

Untuk menuju Grand Final Mahasiswa Berprestasi FE UNJ ini, diperlukan persiapan-persiapan yang matang dari para finalis. “Persiapan untuk maju ke Mawapres dimulai dari akhir semester 2, mulai ikut lomba-lomba kepenulisan ilmiah untuk memperbanyak portofolio prestasi. Lalu, dilanjut dengan persiapan penyusunan KTI yang dimulai dari akhir November 2021 pada saat masa inkubator Mawapres dilaksanakan. Terakhir, di bulan Februari ini, kami juga diberikan kursus intensif peningkatan kemampuan Bahasa Inggris oleh UPT Bahasa,” ucap Dimas.

Berbagai kendala tentu saja juga dialami oleh para finalis selama mengikuti sekolah Mawapres hingga dapat mencapai Grand Final Mahasiswa Berprestasi FE UNJ. “Agenda Mawapres itu padat, ada sekolah Mawapres yang lumayan banyak dan ada penugasannya juga. Selain itu aku juga dibarengi dengan kegiatan di kampus seperti kuliah, berorganisasi, dan kegiatan dari beasiswa. Lalu, sering kali ada jadwal yang berbenturan dengan kegiatan kampus sehingga harus benar-benar mengatur jadwal tetapi kegiatanya juga dapat dinikmati,” ucap Annisa.

“Gak percaya banget sih jujur karena semua finalis yang ada keren banget presentasi dan public speaking-nya di Grand Final. Mereka juga punya ciri khas masing-masing buat presentasi jadi ga nyangka banget dikasih kesempatan yang besar ini,” ucap Nadia selaku Mawapres Utama Jenjang S1.

“Pesan untuk calon mahasiswa berprestasi FE di tahun yang akan datang, yuk mulai sekarang mencoba untuk mencari lebih banyak pengalaman dan prestasi dengan mengikuti lomba sesuai minat kalian. Mulai dari sekarang juga coba untuk persiapkan diri jika ingin dan sungguh-sungguh mau mengikuti ajang Mawapres ini karena bukan soal hasil yang nantinya kalian dapat saat mengikuti ajang Pilmapres ini tetapi mengenai proses dan perjuangan yang kalian berikan saat mengikuti Pilmapres nantinya. Semangat buat teman-teman yang nantinya akan mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi FE UNJ,” ucap Hasyim. Semoga pesan-pesan dari para finalis dapat tersampaikan dengan baik dan bermanfaat untuk calon-calon Mahasiswa Berprestasi di tahun-tahun selanjutnya.

Selamat dan sukses untuk para pemenang Pilmapres 2022. Semoga dapat membawa nama baik Fakultas Ekonomi dengan berbagai prestasi selanjutnya dan selamat berjuang menuju tingkat universitas. (SPY/RAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *