Kadal 189: Merasa Kurang Efektif Saat Kuliah Online? Ini Dia Tips Agar Kuliah Online Jadi Lebih Efektif

sumber foto : heloyouth

Sudah dua tahun sejak adanya pandemi COVID-19, sudah dua tahun pula kita sebagai mahasiswa merasakan belajar dengan model terbaru, yaitu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan secara online atau pembelajaran dalam jaringan (daring). Pembelajaran online dianggap lebih praktis dan efisien karena dapat dilakukan di mana saja dengan syarat selalu terhubung dengan jaringan internet. Namun, sistem pembelajaran ini memiliki kekurangan, yaitu mahasiswa merasa perkuliahan secara daring tidak efektif karena manajemen waktu yang berantakan dan sudah terbiasa perkuliahan secara langsung. Selain itu, suasana rumah yang terkadang kurang baik juga berpengaruh pada sistem pembelajaran online. Nah, ini dia tips yang bisa mahasiswa lakukan agar kuliah online menjadi lebih menyenangkan dan efektif, yaitu:

sumber foto : HiTekno.com

  1. Membuat reminder untuk jadwal kelas perkuliahan

Sering kali kita lupa tentang jadwal kelas online, maka kita dapat memanfaatkan aplikasi reminder atau alarm di smartphone dengan mengatur jam sesuai dengan jadwal perkuliahan.

  1. Kerjakan tugas sesuai deadline

Sulitnya memanajemen waktu yang membuat tugas sering kali terlewat. Mulailah untuk menyicil tugas dan tidak mengerjakannya dalam waktu yang mepet dengan deadline.

  1. Memberitahukan jadwal kuliah dengan orang tua

Pekerjaan rumah sering kali bentrok dengan jadwal perkuliahan sehingga perkuliahan terganggu. Oleh karena itu, diskusikanlah tentang jadwal kuliah kita sehingga orang tua tidak akan mengganggu proses perkuliahan.

  1. Cari tempat ternyaman untuk belajar

Selain jaringan internet yang stabil, kuliah online juga memperlukan tempat yang nyaman sehingga tetap fokus saat perkuliahan sedang berlangsung. Carilah suasana yang tenang dan nyaman.

  1. Fokus dan catat hal yang penting saat perkuliahan berlangsung

Walaupun kuliah secara online, mencatat tidak membuat semangat belajar menjadi pudar. Fokuslah dan catat poin-poin penting selama pembelajaran online berlangsung.

 

Research and Development: Farrah Ladiva Kurniawan (FR)

Edited by Via Amira Kusumah (AIV)

Sumber:

https://stibainvada.ac.id/?blog=dear-maba-ini-dia-5-tips-kuliah-online-agar-lebih-efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *