Pengembangan Diri Menjadi Alternatif Saat Pandemi

Sumber: identitasunhas.com

Pengembangan diri mengacu pada kegiatan yang ditujukan untuk mewujudkan bakat, kemungkinan, keterampilan, kesadaran, dan impian seseorang serta meningkatkan kemampuan untuk menghasilkan kekayaan. Singkatnya, semua kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan pandangan seseorang tentang diri sendiri dan hidupnya. Pengembangan diri itu sendiri adalah proses seumur hidup, begitu kebutuhan terpenuhi sepenuhnya pada tingkat tertentu, kebutuhan akan kepuasan juga meningkat.

Kegiatan pengembangan diri memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup manusia, terutama selama pandemi. Bukan hal yang aneh melihat banyak pintu dari peluang tertutup termasuk karier karena pandemi membatasi ruang untuk kemampuan manuver. Melalui pengembangan diri, bisa memberikan banyak manfaat dan membuka pintu peluang baru, lho.

Selain itu, proses ini dapat membantu Anda mengenal diri sendiri lebih baik dan memungkinkan Anda untuk memutuskan ke mana Anda akan pergi di masa depan. Anda tidak perlu lagi merasa cemas atau membahayakan identitas Anda. Cara sederhana mengembangkan diri di masa pandemi, yaitu:

  1. Melakukan evaluasi diri

Sumber: grid.id

Proses evaluasi diri adalah hal yang paling penting saat ini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menuliskan semua kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari karena seseorang tidak tahu area mana yang perlu diperbaiki, dipertahankan, atau diperkuat sampai orang tersebut memeriksakan dirinya sendiri.

Misalnya, kurang berkonsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Setelah melakukan evaluasi, ternyata hal tersebut disebabkan kurangnya waktu beristirahat pada malam hari. Oleh karena itu, seseorang dapat memperbaikinya setelah melakukan evaluasi.

  1. Pelajari hal-hal baru dengan kursus online

Sumber: ppsdp.org

Karena pandemi, lokakarya dan kursus pelatihan juga telah ditunda dan diadakan secara online. Tentu saja, ini dapat membantu siapa pun yang mencoba meningkatkan diri atau menambah keterampilan baru. Saat ini, ada banyak platform pembelajaran yang menawarkan kursus online gratis dan berbayar.

Dengan adanya pembelajaran melalui platform online, tentunya akan menghemat waktu. Selain itu, topik yang diajarkan juga sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

  1. Mengikuti akun-akun media sosial dengan topik yang bermanfaat

Sumber: instagram.com

Pandemi membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan media sosial. Media sosial tidak hanya digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain saja, tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang lebih bermanfaat.

Misalnya, melalui Instagram banyak akun-akun yang memberikan informasi mengenai lomba yang dilakukan secara online. Oleh karena itu, kita dapat mengikuti akun tersebut dan mengikuti lomba yang diselenggarakan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan diri di masa pandemi. Hal lain yang dapat dilakukan, yaitu dengan mencari informasi-informasi terkait dan mendiskusikannya untuk melatih pola pikir dalam menganalisis suatu informasi melalui media sosial.

  1. Berpartisipasi aktif dalam webinar

Sumber: freshdesk.com

Webinar diikuti tidak hanya untuk memberikan wawasan, tetapi juga untuk pengembangan diri yang lebih dalam. Misalnya, mengembangkan keberanian untuk mengungkapkan pendapat, retorika, dan pengembangan hubungan profesional (jaringan).

Selain itu, banyak webinar nasional maupun internasional yang diselenggarakan dan memberikan sertifikat bertaraf nasional ataupun internasional jika kita mengikuti webinar yang disediakan.

  1. Mengikuti kegiatan relawan

Sumber: inews.id

Menjadi sukarelawan dapat membantu pengembangan diri dalam banyak cara. Dimulai dengan kemandirian, kreativitas, kepemimpinan, dan empati. Terdapat banyak peluang bagi sukarelawan untuk berpartisipasi saat pandemi ini. Mulai dari membantu untuk kegiatan vaksinasi, relawan digital, relawan pembelajaran jarak jauh hingga penyaluran bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sederhana, bukan? Membaca artikel ini juga merupakan bentuk upaya dalam pengembangan diri. Ayo, kembangkan diri kamu dengan cara sederhana untuk menuju pribadi yang lebih baik!

(RDF/VAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *