Pencapaian Tim Rowing untuk Indonesia di SEA Games 2021

Sumber foto: Suara.com

Pesta Olahraga Asia Tenggara 2021 atau lebih dikenal sebagai 31st SEA Games diadakan di Hanoi, Vietnam pada tanggal 12-23 Mei 2022. Dalam SEA Games ini akan menyelenggarakan 40 cabang lomba, salah satunya, yaitu cabang olahraga rowing. Cabang olahraga rowing ini sukses mempersembahkan medali emas bagi Indonesia.

Atlet cabang olahraga rowing untuk pertama kalinya menyumbangkan emas bagi Indonesia. Medali emas tersebut diraih oleh Kakan Rusmana dan Ardi Isedi dengan nomor Lightweight Men’s Double Sculls (LM2X). Kakan/Ardi berada di lintasan 2 dan keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 7 menit 1,385 detik di final. Mereka berhasil mengalahkan wakil Filipina dengan catatan waktu 7 menit 4,2 detik.

Sumber foto: Kompas.com

Pada hari yang sama, tim rowing Indonesia juga meraih medali perak. Medali perak ini diraih oleh Puteri Agni Anugerah, Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, dan Annisa Meilani Yahya dengan nomor Woman Quadruple Sculls (W4X) dengan catatan waku 7 menit 23,614 detik dan dengan waktu tersebut tim Indonesia dapat keluar sebagai runner-up. Akan tetapi, catatan waktu ini belum mampu untuk membendung Vietnam yang berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 7 menit 28,879 detik.

Perolehan medali untuk Indonesia dari cabang olaharaga rowing ternyata tidak berhenti di situ. Tim rowing Indonesia kembali mendapatkan medali emas. Medali ini diraih oleh La Memo/Sulfianto dengan nomor Men’s Double Sculls (M2X) dengan catatan waktu 7 menit 22,011 detik. Indonesia juga kembali mendapatkan medali perak dari final nomor Women’s Coxless Four (W4), medali ini diraih oleh Syiva Lisdiana, Aisah Nabila, Julianti, dan Chelsea Corputy.

Dalam cabang olahraga rowing, Indonesia mengirimkan 34 atlet dengan rincian 18 putra dan 16 putri. Pada SEA Games Vietnam, Indonesia berpartisipasi pada 32 cabang olahraga. Para atlet rowing ini menjadi salah satu kontingen Indonesia yang bertanding lebih awal, yaitu sejak 9 Mei sebelum upacara pembukaan dimulai. Penjelasan di atas mengenai pencapaian yang telah diraih oleh tim rowing Indonesia diakui oleh Wakil Ketua Umum PB PODSI, Budi Setiawan. Menurutnya, pencapaian ini sudah sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya. (SF/KAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *