Pentingnya Financial Planning untuk Masa Depan, Kita Harus Buat!

Sumber foto: Alinea.id

Perencanaan keuangan (financial planning) merupakan suatu proses pengelolaan yang dilakukan seseorang atau individu yang berusaha untuk memenuhi tujuan-tujuan finansialnya dengan melakukan pengembangan dan implementasi dari sebuah rencana yang komprehensif. Dalam penerapannya, perencanaan keuangan tidak hanya untuk jangka waktu pendek melainkan untuk jangka waktu yang panjang. Dengan melakukan perencanaan keuangan, kita dapat meminimalisasi risiko-risiko keuangan yang tidak terduga di masa mendatang. Perencanaan keuangan menurut Financial Planning Standards Board Indonesia merupakan proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana.

Hal-hal yang perlu diperhatikan selain melakukan perencanaan hingga pelaksanaan, yaitu kita harus menyesuaikan tujuan keuangan pada setiap periode waktunya dan memiliki aksi yang jelas, praktis, dan konsisten dalam melakukan perencanaan keuangan. Dengan membutuhkan proses dalam jangka waktu yang panjang, maka financial planning juga harus adaptif terhadap kondisi kehidupan tertentu. Kita dapat membuat sebuah rencana keuangan sendiri. Berikut ini merupakan beberapa cara dalam membuat perencanaan keuangan, yaitu:

  1. Menentukan tujuan-tujuan finansial yang akan dicapai;
  2. Melakukan pencatatan akan pemasukan dari penghasilan yang diperoleh;
  3. Tidak lupa juga, mencatat biaya-biaya pengeluaran yang telah digunakan;
  4. Berhemat dengan membuat prioritas kebutuhan;
  5. Menabung sebagian pendapatan yang dimiliki;
  6. Menentukan dan mempraktikkan strategi atau tips mengelola keuangan;
  7. Melakukan pemantauan rencana keuangan; dan
  8. Mengevaluasi perencanaan keuangan secara konsisten.

Perencanaan keuangan yang baik akan menghasilkan sebuah rencana keuangan (financial plan) yang jelas serta memudahkan individu memiliki rencana untuk mencapai tujuan finansialnya. Setiap penghasilan atau kekayaan yang kita miliki mempunyai tanggung jawab untuk mengelolanya dengan baik untuk mencapai hidup yang sejahtera. Berikut ini merupakan beberapa manfaat membuat perencanaan keuangan, yaitu:

  1. Muncul kebiasaan menghemat dari hasil penganggarannya

Penganggaran atau budgeting dalam financial planning merupakan salah satu kegiatan inti karena pelaksanaan keuangan dilakukan dengan melihat pada hasil penganggaran tersebut. Dengan mencatat berbagai pemasukan dan pengeluaran keuangan dapat membantu kita untuk tidak menggunakan dana secara berlebihan hingga memotong dana anggaran lain. Dengan penganggaran tersebut, kita akan terbiasa untuk hidup berhemat.

  1. Kondisi keuangan menjadi terorganisasi

Dengan membuat perencanaan keuangan, kita dapat melihat keluar masuknya uang yang kita miliki secara lebih akurat sehingga kondisi keuangan nantinya akan lebih terorganisasi.

  1. Mencapai tujuan finansial dengan lebih mudah

Setiap fase kehidupan yang dijalani seseorang tentunya berbeda-beda, mulai dari besar penghasilannya sampai prioritas akan kebutuhan hidupnya sehingga tingkat kesulitan setiap individu tidak bisa disamakan. Namun, dengan perencanaan keuangan, tujuan finansial seseorang dapat tercapai secara lebih efektif.

  1. Meminimalkan kemungkinan utang

Dengan memiliki perencanaan keuangan, kita akan memahami secara pasti besarnya nominal uang dan berapa banyak kebutuhan yang kita beli dengan uang tersebut. Hal ini berpengaruh terhadap keputusan finansial yang menjadi lebih terarah. Kita akan menekan keinginan untuk membeli sesuatu di luar kemampuan keuangan.

Permasalahan dari financial planning yang tidak berjalan dengan baik saat ini, yaitu masih banyak individu yang kerap mengaku mempunyai rencana keuangan, tetapi tidak bisa menyebutkan tujuan finansialnya secara pasti. Lalu, ada juga yang mempunyai tujuan-tujuan finansial, tetapi tidak memiliki action plan yang jelas untuk mencapai tujuannya tersebut.

Perencanaan keuangan merupakan sebuah proses yang tidak pernah berhenti atau selalu berkelanjutan hingga masa mendatang sehingga diperlukannya konsistensi. Kondisi keuangan saat ini dapat berbeda dengan kondisi di masa mendatang. Hidup diibaratkan, seperti roda yang terus berputar. Demikian juga dengan proses perencanaan keuangan. Keadaan keuangan seseorang akan selalu berubah-ubah sejalan dengan perubahan kebutuhan atau prioritasnya, keadaan ekonomi, dan tahapan kehidupan. Namun, dengan kita membuat perencanaan keuangan akan berdampak baik untuk ke depannya. Hal ini yang menjadikan perencanaan keuangan itu sangat penting. Oleh karena itu, jangan lupa membuat perencanaan keuangan, ya! (KAN/AIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *