Mengulik Tips & Trik Menulis Artikel Bersama Kabel

Pada hari Minggu, 29 Mei 2022, Sub Departemen Litbang mengadakan sebuah kajian yang bernama Kabel. Kabel adalah singkatan dari Kajian Bersama Litbang. Acara ini dimulai pada pukul 08.30 WIB. Acara ini wajib diikuti oleh seluruh anggota EconoChannel yang bertujuan agar ke depannya para anggota EconoChannel mampu menulis artikel di media massa dengan baik dan benar. Terbukti acara ini berjalan dengan lancar, menyenangkan, dan ilmu nya pun dapat bermanfaat. Peserta juga banyak sekali yang aktif bertanya dan membuat acara Kabel ini semakin seru.

Sumber: Dokumentasi Fotografer EC

Acara Kabel ini dimulai dengan pembukaan oleh Master Of Ceremony (MC) yang dipandu oleh Graita dan Yusran. MC menjelaskan secara detail dan informatif terkait acara Kabel dan memberi tahu sedikit tentang kegiatan yang ada di acara tersebut. Acara selanjutnya, yaitu pembacaan tilawah oleh Irsyad. Setelah pembacaan tilawah yang bikin hati menjadi lebih tentram ini, selanjutnya ada sambutan-sambutan untuk membuka acara Kabel secara resmi. Sambutan pertama diisi oleh Kak Hana Zahida sebagai Ketua Umum EconoChannel Kabinet Wonderwall 2022. Lalu, sambutan kedua diisi oleh Kak Farah Ladiva selaku Penanggung Jawab dari acara Kabel. Nah, acara selanjutnya adalah acara yang paling dinantikan oleh semua peserta, yaitu pemaparan materi. Sebelum memulai pemaparan materi, moderator mengambil alih rangkaian ini dan memandu pemaparan materi dengan baik. Moderator kali ini adalah Suherlin. Setelah itu, Suherlin memperkenalkan dirinya dan memperkenalkan pembicara kita pada acara Kabel.

Sumber: Dokumentasi Fotografer EC

Nah, pembicara Kabel adalah Kak Mutiara Putri. Kak Mutiara merupakan alumni EconoChannel periode 2021 dan Kak Muti ini dulunya menjabat sebagai redaktur Litbang dan pastinya Kak Muti ini sangat berpengalaman di bidang kepenulisan karena sebelumnya, Kak Muti dan kawan-kawan redaksi sudah berhasil menerbitkan dua majalah terbaiknya. Pada pemaparan materi acara Kabel, Kak Muti mengambil tema tentang “Menulis Artikel di Media Massa”. Media massa merupakan sarana komunikasi dalam penyampaian pesan atau berita dan media massa juga bisa dikatakan sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan informasi atau berita kepada masyarakat luas. Selanjutnya, isi dari media massa itu, ada 3 jenis yang merupakan produk dari kepenulisan, yaitu karangan khas, berita, dan artikel opini. Selanjutnya, ada beberapa aspek yang harus disiapkan sebelum menulis artikel untuk media massa. Ada 5 aspek yang terdiri dari: kenali pembaca, kenali karakter media dan naskah, kenali bahasa, panjang dari tulisan artikel, dan waktu penulisan.

Nah, selanjutnya Kak Muti memberikan tips ketika membuat artikel, nih. Tips membuat artikel yang diberikan oleh Kak Muti ada 2. Agar lebih paham, yuk disimak lebih lanjut, ya.

  1. Preparing Proscess
  • Pilih topik yang ingin disampaikan;
  • Lakukan riset cepat dan buat daftar referensi; dan
  • Tentukan ide pokok dan kerangka pada artikel.
  1. Steps to create articles
  • Mulai dengan pembahasan secara general pada bagian pembuka;
  • Gunakan heading untuk memudahkan pembagian topik; dan
  • Berikan kesimpulan pada bagiah akhir artikel.

Selanjutnya, Kak Muti juga memberikan tips agar artikel yang kita buat itu masuk dan nyaman dibaca oleh masyarakat luas. Adapun tips nya adalah batasi setiap paragraf sekitar 3-4 baris saja, membuat paragraf yang kaya akan informasi dan padat, berikan sentuhan font style agar artikel tidak terkesan monoton, gunakan bahasa yang sesuai dan mudah dipahami, ketahuilah target pembaca, dan tentukan gaya bahasa.

Sumber: Dokumentasi Fotografer EC

Nah, bermanfaat banget kan materi yang disampaikan Kak Muti. Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang Kak Muti bebaskan kepada semua peserta memberikan pertanyaan yang sesuai dengan tema. Banyak peserta yang antusias untuk bertanya dan mengulik informasi kepenulisan bersama Kak Muti. Setelah rangkaian pemaparan materi selesai, moderator memberikan sertifikat sebagai tanda terima kasih dari peserta. Acara selanjutnya, yaitu refresh otak dengan ice breaking, yaitu tebak judul film. Semua peserta bersemangat untuk mengikuti ice breaking. Lalu, dilanjut dengan sesi dokumentasi dan selanjutnya, yaitu penutupan oleh MC.

(ACP/RIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *