Persiapan Penting Masuk Kuliah untuk Mahasiswa Baru.

Sumber: Profesi UNM

Tahun ajaran baru sedikit lagi akan mulai walaupun saat ini kegiatan belajar mengajar untuk para siswa maupun mahasiswa masih dilakukan secara online. Namun, dengan kondisi sekarang ini, kita sudah mulai terbiasa melakukan kegiatan, khususnya untuk para mahasiswa baru pada tahun ajaran baru. Beberapa perguruan tinggi telah menetapkan peraturan baru, yaitu dengan menetapkan pembelajaran tatap muka langsung.

Tentunya, hal tersebut sudah sangat ditunggu-tunggu, baik itu para mahasiswa lama ataupun mahasiswa baru yang lulus SMA dan dinyatakan diterima dalam perguruan tinggi. Bagi mahasiswa baru, memasuki dunia kuliah memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu meskipun terdengar menyenangkan, persiapan kuliah bisa menjadi satu hal yang cukup memusingkan karena pindah dari kehidupan SMA ke universitas merupakan fase baru yang pastinya sangat berbeda dengan kebiasaan sebelumnya.

 

Untuk itu, para mahasiswa baru, tentunya harus mempersiapkan masuk kuliah, baik itu kuliah secara online maupun offline. Berikut hal penting yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa baru:

  1. Selesaikan Proses Administrasi Pendaftaran
    Setiap kampus memiliki kebijakan yang berbeda agar mahasiswa baru dapat menyelesaikan persyaratan administrasinya secara bertahap hingga mendekati dimulainya tahun ajaran baru. Untuk itu, mahasiswa baru harus memastikan proses administrasi sudah dipenuhi semuanya.
  2. Siapkan Mental: Stop Being Passive!
    Persiapan mental, ini tentu hal yang penting untuk para mahasiswa baru yang akan masuk ke dunia perkuliahan karena tentunya perbedaan antara sekolah dan kuliah sangat berbeda jauh. Mental anak sekolah yang kita bawa selama 12 tahun, perlu diubah menjadi mental anak kuliahan. Salah satu hal penting yang harus digaris bawahi adalah ketika kita bersekolah, kita terbiasa diberi dari sekolah. Akan tetapi, di dunia perkuliahan ini kita harus mandiri.
  3. Kenali Lingkungan Kampus
    Cara mengenali kampus dapat berbagai cara, seperti setiap kampus tentunya ada masa Ospek. Di masa inilah bagi mahasiswa baru dapat mengenal kampus. Tidak hanya itu, mengenal kampus juga dapat dengan mem-follow media sosial kampus dan juga dapat bertanya kepada Kakak Tingkat mengenai kampus.

    Sumber: Liputan6.com
  4. Mengatur Waktu dengan Baik
    Seperti dipaparkan di atas, kuliah dan sekolah tentunya berbeda jauh. Di sekolah kita di jadwalkan sekolah dari pagi hingga siang atau sore. Namun, di dunia perkuliahan berbeda, kita kuliah waktunya akan berganti-ganti. Untuk itu, kita harus siap dalam mengelola waktu dengan baik.
  5. Memperbanyak Relasi
    Relasi tentunya sangat berpengaruh karena kita dapat mudah beradaptasi di lingkungan. Dengan relasi yang luas, kita akan mendapatkan banyak informasi, baik seputar perkuliahan ataupun lainnya.
  6. Siapkan Peralatan Perkuliahan
    Tentunya, peralatan kuliah ini penting bagi mahasiswa baru, seperti laptop atau PC, handphone, buku catatan, pulpen dan lainnya. Peralatan ini, tentunya penting untuk menunjang perkuliahan agar dapat mencatat dan dapat memahami kembali materi yang diberikan dosen.

Dengan demikian, beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai persiapan awal masuk kuliah. Untuk kalian, para mahasiswa baru jangan lupa mempersiapkan semuanya sebelum masuk kuliah. (DVY/RIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *