Raih 1,5 Juta Penonton, Film Ngeri-Ngeri Sedap disebut Film Terbaik Tahun Ini

Sumber foto : Seleb.tempo.co

Sejak ditayangkan pada tanggal 2 Juni 2022 film Ngeri-Ngeri Sedap terus mendapat pujian dan sukses membuat penontonnya tertawa, bahkan menangis bersama. Dalam kurun waktu 2 minggu, film perdana rumah produksi Imajinari yang bekerja sama dengan Visionari Film Fund ini, berhasil meraih 1,5 juta penonton di seluruh Indonesia. Bene Dion Rajagukguk, selaku sutradara, mengaku sangat senang atas sambutan penonton yang luar biasa. Ia tidak menyangka bahwa filmnya mendapat banyak respon positif dari kalangan masyarakat.

Film Ngeri-Ngeri Sedap ini sendiri berkisah tentang pasangan suami-istri keluarga Purba, yang akrab dipanggil Pak Domu dan Bu Domu, mengalami kesulitan membuat anak-anaknya yang merantau untuk pulang ke kampung, sebenarnya mereka menginginkan anak-anaknya bisa menghadiri pesta adat yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Pak Domu dan Bu Domu memutuskan suatu langkah radikal agar bisa membuat ketiga putra mereka kembali ke desa, yaitu dengan berpura-pura meminta bercerai. Dengan begitu, Sarma yang merupakan putri mereka pun panik dan langsung meminta ketiga saudaranya untuk pulang. Usaha Pak Domu dan Bu Domu berhasil, tetapi mereka tidak menyangka bahwa semua rencana itu malah membawa keduanya hampir menuju kehancuran rumah tangga mereka.

Sumber foto: Kompas.com

Melansir dari idntimes.com, film satu ini mampu membawakan budaya suku Batak secara lengkap. Kita bisa melihat kehidupan orang suku Batak, mulai dari bahasa sehari-hari, kuliner, pesta adat, kebiasaan menongkrong, sampai ke pemilihan kain ulos untuk setiap momen acara adat pun tak terlewatkan. Lalu, tidak hanya keindahan budayanya, film ini juga menyuguhkan sinematografi keindahan alam yang memukau.

Selain itu, salah satu kelebihan dari film Ngeri-Ngeri Sedap adalah penyajian konfliknya yang terhubung dengan setiap problematika tokohnya masing-masing. Keistimewaan film ini, bukan hanya dari sajian problematika dan konflik keluarganya yang cukup padat dan mudah dimengerti, tetapi juga pendalaman dari masing-masing karakter yang patut diacungi jempol.

Sumber foto: YouTube

Platform bernama Letterboxd yang merupakan laman khusus bagi orang-orang untuk me-review film, juga memberikan tanggapan positif tentang film ini. “Selain berhasil memperlihatkan indahnya Danau Toba, drama keluarga ini sangat relatable, konflik dan pesannya universal, bisa diterima dengan baik. Humornya lucu sekali dan porsinya pas. Salah satu drama keluarga Indonesia terbaik di 2022 ini,” tulis Ivan Samudra, salah satu user di laman Letterboxd.

Nah, tunggu apalagi? Untuk kamu yang suka film drama keluarga dan komedi, Ngeri-Ngeri Sedap cocok banget untuk ditonton di musim liburan ini. Jangan sampai ketinggalan, ya! ( RAH/SYA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *