Soft Launching, Stasiun Matraman Targetkan Melayani Hingga 10 Ribu Orang

Sumber : Pikiran-Rakyat.com

Pada hari Minggu, 19 Juni 2022, salah satu stasiun yang terletak di Jakarta Timur yakni Stasiun Matraman telah mengadakan soft launching. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, turut menghadiri acara soft launching tersebut. Posisi Stasiun Matraman sendiri sangat strategis, yaitu berada di antara dua stasiun KRL yang selalu ramai, yakni Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai.

“Kami ingin angkutan massal menjadi angkutan prioritas bagi masyarakat. Saat ini, kereta api sudah menjadi pilihan utama masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan dan aglomerasi,” kata Menhub saat menghadiri soft launching, dikutip dari idntimes.com, Selasa (21/06/22).

Menhub juga mengatakan akan terus meningkatkan pelayanan angkutan umum di KRL Jabodetabek, antara lain melalui Double-Double Track (DDT), headway (waktu tunggu antar KA) menjadi tiga menit, dan revitalisasi stasiun. Lebih lanjut Menhub menyatakan, kehadiran transportasi juga mendukung kemajuan di sektor lain, seperti pariwisata dan UMKM. Untuk itu, 30% kawasan komersial telah dialokasikan untuk UMKM.

“Kami telah berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, bersama PT KAI untuk pengalokasian area komersil di stasiun untuk UMKM,” kata Menhub, dikutip dari antaranews.com, Selasa (21/06/22).

Ada dua jalur kereta api di Stasiun Matraman, satu peron memiliki panjang 250 meter dan lebar 5 meter. Gedung Stasiun Matraman memiliki 2 lantai, dengan luas konstruksi 3.010 meter persegi, dilengkapi dengan eskalator, lift, tangga manual, dan area parkir seluas 2.625 meter persegi. Stasiun Matraman juga nantinya akan terhubung dengan Halte Bus Transjakarta yang melayani tiga koridor, yakni Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Senen.

Target dari adanya Stasiun Matraman ini adalah dapat melayani penumpang KRL hingga 10 ribu penumpang per hari. Dalam masa percobaannya, stasiun ini dapat melayani naik-turun penumpang sebanyak 1.200 penumpang per hari. Dengan adanya Stasiun Matraman, diharapkan dapat mengurangi kepadatan volume penumpang KRL dan membantu kelancaran mobilitas untuk masyarakat yang akan naik atau turun KRL di daerah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara, dan Manggarai. (IE/VAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *