Hal-Hal Produktif yang Dapat Dilakukan Mahasiswa “Kupu-Kupu” untuk Waktu Luang

sumber : https://assets.kompasiana.com/

Apa itu mahasiswa kupu-kupu? Mahasiswa kupu-kupu adalah istilah atau julukan yang diberikan kepada mahasiswa yang kegiatannya kuliah-pulang-kuliah-pulang atau mahasiswa yang tidak terlibat pada organisasi ataupun kegiatan kampus selain belajar. Mahasiswa kupu-kupu bahkan dianggap tidak akan berhasil karena keterampilan sosial dan organisasi mereka tidak ditingkatkan selama belajar.

Namun, pemikiran tersebut salah. Tidak bergabung organisasi atau kegiatan lain saat kuliah bukan berarti mahasiswa tersebut akan sulit mendapat pekerjaan nantinya, melainkan dengan memiliki banyak waktu luang, mahasiswa kupu-kupu dapat mengisi waktunya dengan meningkatkan potensi mereka dan berpartisipasi dalam kegiatan di luar kampus. Yuk, simak kegiatan yang dapat dilakukan mahasiswa kupu-kupu untuk mengisi waktu luang:

sumber : https://geka.id/

  1. Mengikuti berbagai lomba

Berpartisipasi dalam kompetisi baik di dalam kampus maupun di luar kampus juga dapat memperkaya pengalaman Anda sehingga daya saing dan ketekunan Anda akan diasah dengan baik setelah Anda lulus. Citra mahasiswa kupu-kupu yang tidak pernah berhasil bisa ditolak dengan mengikuti berbagai lomba dan kompetisi. Kompetisi semacam ini tidak hanya membawa hadiah yang diinginkan, tetapi juga memperkaya pengalaman.

  1. Kerja paruh waktu

Saat ini, kerja paruh waktu menjadi barista di kafe sedang tren di kalangan mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengatur waktu dengan baik dan tentunya mendapatkan gaji yang bisa digunakan untuk keperluan kuliah. Secara tidak langsung, Anda juga mendapatkan pengalaman kerja yang luar biasa dan membantu orang tua.

sumber : https://nawacita.co/

  1. Mengikuti kursus atau pelatihan

Mahasiswa dapat meningkatkan kualitas dengan mengikuti kursus dan pelatihan. Di samping itu, ketika sertifikat resmi kursus yang Anda ikuti dikeluarkan, Anda dapat menyertakan sertifikat tersebut dalam CV Anda untuk meningkatkan peluang dalam mendapatkan posisi yang diinginkan. Mahasiswa juga membutuhkan skill dan keterampilan untuk bertahan di dunia kerja. Jadi, alih-alih bermain di rumah, mahasiswa kupu-kupu bisa mengisi waktu luang mereka dengan kursus dan pelatihan.

  1. Apply internship

Internship adalah bagian dari pelatihan kejuruan di perusahaan. Tujuan utama dari internship adalah untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang secara tidak langsung bisa menguntungkan mereka. Selain itu, mahasiswa juga bisa memperluas relasi dan pertemanan serta bertemu banyak orang selain teman kuliah.

 

(AZA/REI)

Sumber:

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/01/22/180000/kamu-tipe-mahasiswa-kupu-kupu-lakukan-6-hal-ini-agar-tetap-produktif

https://binus.ac.id/2021/11/5-tip-sukses-untuk-mahasiswa-kupu-kupu-ala-mahasiswa-senior/

https://www.zonamahasiswa.com/cara-mengatasi-waktu-luang/

https://barki.uma.ac.id/2021/12/01/kenali-apa-itu-magang-serta-manfaat-melakukan-magang-bagi-mahasiswa/#:~:text=Pengertian%20magang%20menurut%20Undang%2DUndang,memberi%20keterampilan%20yang%20dibutuhkan%20industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *