Pelaksanaan P2M S2 Akuntansi, S1 Akuntansi, dan D3 Akuntansi

sumber : dokumentasi penulis

Kegiatan P2M yang dilaksanakan oleh program studi Akuntansi, yaitu dalam bidang pengabdian masyarakat di Desa Cisaat, Kec. Ciater, Kab. Subang pada hari Sabtu, 16 Juli 2022. Perangkat acara kegiatan ini adalah dosen, mahasiswa/i, dan tim desa. Kami dari panitia UNJ dan pelaksana program berangkat dari UNJ pada pukul 06.25 WIB menggunakan bis. Namun, waktu pelaksanaan kegiatan yang terdapat pada rundown menjadi berubah dikarenakan macet pada saat perjalanan menuju Desa Cisaat. Setibanya kami di desa pada pukul 11.46 WIB, para tim desa dan beberapa warga desa setempat menyambut kami dengan penuh semangat mengarahkan tim panitia dan pelaksana UNJ untuk mempersilakan duduk terlebih dahulu. Setelah itu, dilanjutkan oleh pembukaan MC dari tim panitia UNJ, yaitu Amalia Nabila pada pukul 12.05 WIB, kemudian dilanjut dengan sambutan dari perwakilan FE, dan sambutan oleh mitra (Kepala Desa dan BUMDES Cisaat). Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjut dengan pemberian plakat kepada aparatur desa dan foto bersama.

sumber : dokumentasi penulis

            Pembukaan telah selesai dan waktu sudah memasuki sesi Ishoma, tim panitia dan pelaksana UNJ dipersilakan untuk istirahat, makan, dan sholat terlebih dahulu sambil menyiapkan perlengkapan untuk programnya masing-masing. Setelah selesai Ishoma dilanjutkan dengan pelaksanaan programnya masing-masing sesuai prodi yang diarahkan oleh MC dan Bapak/Ibu dosen. Kegiatan P2M ini ada yang bertempat di kantor desa, ruang kelas sekolah, aula warga, aula desa, rumah warga, dan pekarangaan warga sehingga kami semua berpencar untuk melaksanakannya.

            P2M S2 Akuntansi bertempat di ruang kelas sekolah yang tempatnya tidak terlalu jauh dengan kantor desa dengan skema PKM-F yang diusulkan bertemakan “Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Potensi Pelaku UMKM di Desa Cisaat Subang Jawa Barat” yang dibuka dahulu acaranya oleh Ibu Dr. Etty Gurendrawati, S.E., M.Si., Ak. lalu materinya dipaparkan oleh Bapak Muhammad Yusuf, S.E., M.M. dan mahasiswi yang membantu administrasi serta dokumentasi di tim pelaksana S2 yaitu Chusnanik Mufidah.

sumber : dokumentasi penulis

            Sedangkan untuk P2M S1 Akuntansi dan D3 Akuntansi bertempat yang sama yaitu di kantor desa. P2M S1 Akuntansi mengusulkan skema PKM-WBUF yang bertemakan “Pelatihan Akuntansi Desa untuk Meningkatkan Dana Desa di Desa Cisaat Kab. Subang Jawa Barat” dan P2M D3 Akuntansi yang bertemakan “Tata Kelola Penyusunan Dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBDes) Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Subang Jawa Barat yang dibuka dahulu oleh Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si., Ak., CA. kemudian dipaparkan oleh Pembicara dari masing-masing prodi. S1 Akuntansi dipaparkan oleh Ibu Ratna Anggraini ZR, S.E., M.Si., Ak., CA. dan D3 dipaparkan oleh Ibu Tri Hesti Utaminingtyas, S.E., MSA.

            Setelah semua prodi selesai melaksanakan kegiatannya masing-masing, dilanjutkan dengan penutupan dan Sholat Ashar terlebih dahulu serta melengkapi berkas administrasi seperti penandatanganan PKS dan presensi. Kegiatan telah berakhir dan tim UNJ kembali pulang ke UNJ sebagai titik kumpul awal kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *