Ospek? Simak Keseruan PKKMB Akuntansi 2022

Sumber: Sie. HPD PKKMB Akuntansi

PRA PKKMB Prodi Akuntansi FE UNJ 2022 merupakan serangkaian acara dasar pengenalan prodi akuntansi kepada para mahasiswa baru. PRA PKKMB ini dilaksanakan pada Kamis, 18 Agustus 2022 yang diawali dengan registrasi peserta pada pukul 06.30 melalui platform Zoom Cloud Meeting. Setelah peserta hadir, acara segera dibuka dengan pembukaan oleh pariwara, yaitu Afrizal Ridwan Firdianto dan Amelia Dinata Yasifa. Setelah itu, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan diakhiri dengan lagu Totalitas Perjuangan. Acara selanjutnya, yakni sambutan-sambutan. Sambutan pertama diberikan oleh Ketua Pelaksana PKKMB Prodi Akuntansi FE UNJ 2022, Rohman Catur Laksono, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua BEM Prodi Akuntansi FE UNJ Periode 2022 yaitu, Kak Agil Prasojo.

Setelah itu, terdapat pembacaan tata tertib peserta PKKMB 2022 yang dibacakan oleh perwakilan Sie. KDSP. Lalu, dilanjutkan dengan sosialisasi teknis dan penugasan PKKMB 2022 yang dibacakan oleh perwakilan Sie. Kestari dan Penilaian. Acara ke-8, yaitu pemberian materi “Siakad” yang di dalamnya mencakup pengisian biodata dan KRS untuk mahasiswa baru Prodi Akuntansi 2022. Materi tersebut dibawakan langsung oleh Kepala dan Wakil Kepala Departemen Kesejahteraan Mahasiswa 2022, yaitu Kak Machfud Ropi Cahyadi dan Kak Dela Nurul Padilah. Beliau memberikan tata cara pengisiaan biodata pada laman SIAKAD, memberikan tata cara mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), serta dilanjutkan dengan sosialisasi pengecekan KHS dan DHS. Setelah materi selesai, maka dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Sumber: Sie. HPD PKKMB Akuntansi

Acara masih berlanjut dengan Pemilihan Calon Kapten Akuntansi tahun 2022. Acara ini tidak lagi dipandu oleh pariwara, tetapi oleh moderator, yakni Hanaa’ Nabilah yang merupakan salah satu staf Departemen Humas dan Teknologi 2022. Tidak hanya itu, pemilihan kapten dihadiri oleh para panelis yang sangat berpengalaman, yaitu Kak Arbiatul selaku Kepala Departemen Kaderisasi 2022, Kak Rizky selaku Kapten Putra 2020, dan Aflah selaku Kapten Putra 2021. Lalu, terdapat 5 peserta yang berhasil lolos ke babak ini. Nama-nama peserta tersebut di antaranya ialah Nelza Alisya Adinda Sari, Salsabila Putri Cindia, Yuniar Mulya. R, Egi Pratama, dan Arfan Prawirayudha Wicaksono. Kelima kandidat tersebut mengikuti rangkaian acara pemilihan diawali dengan menceritakan masing-masing kisah inspiratif, kemudian berlanjut dengan sesi tanya jawab oleh para panelis. Lalu, pemaparan visi dan misi setiap kandidat serta sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan voting dari panelis dan teman-teman mahasiswa baru 2022. Hasil Akhir dari voting tersebut dimenangkan oleh Arfan Prawirayudha Wicaksono dan Salsabila Putri Cindia yang secara otomatis akan menjadi Kapten Putra dan Putri tahun 2022.

Sumber: Sie. HPD PKKMB Akuntansi

Setelah pemilihan kapten, acara dilanjutkan dengan ice breaking yang dipandu oleh pariwara. Pada bagian ini, para peserta terlihat antusias menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Power Point Ice Breaking. Acara selanjutnya, penayangan video Ikatan Alumni Akuntansi oleh Kak Ferly Ferdyant dan Kak Mohammad Ridha. Selanjutnya, Sosialisasi Foraksi (Forum Akuntansi) oleh Raisa Dika Febrindayanti yang merupakan Ketua Pelaksana Foraksi dan juga merupakan staf dari Departemen Edukasi 2022, disusul dengan sesi tanya jawab. Acara selanjutnya, pemaparan sosialisasi Gebyar Akuntansi 13th oleh Raafiu Rizqi Juliansyah yang merupakan Ketua Pelaksana GA (Gebyar Akuntansi) serta merupakan staf Departemen Humas dan Teknologi 2022.

Acara berikutnya, sesi dokumentasi yang dipandu oleh Sie. HPD. Setelah sesi dokumentasi, terdapat pembacaan doa penutup dan diakhiri dengan beberapa kata penutupan yang dipimpin oleh pariwara. Namun, para peserta belum diperbolehkan meninggalkan room zoom karena ada rangkaian lain, yaitu Self Management atau pengkondisian para peserta yang diambil alih oleh Sie. KDSP. Setelah itu, para peserta mengerjakan Post Test yang diberikan melalui WhatsApp Group dalam jangka waktu 10 menit.

Setelah rangkaian PRA PKKMB selesai, dilanjut dengan PAS PKKMB. PAS PKKMB Akuntansi merupakan acara inti dalam pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru yang memasuki dunia perkuliahan. Pada tanggal 25 Agustus 2022, telah dilaksanakan PAS  PKKMB Akuntansi secara hybrid baik online melalui link zoom meeting maupun offline secara tatap muka. Acara PAS PKKMB Akuntansi 2022 ini, diawali dengan briefing dan persiapan panitia yang dilaksanakan pada pukul 05.00 – 06.00 WIB di Gedung Raden Ajeng Kartini Universitas Negeri Jakarta.

Selepas persiapan, pada pukul 05.45 – 06.40 WIB dilaksanakan pengondisian peserta oleh Sie. KDSP, penyebaran presensi melalui scan barcode, dan mobilisasi peserta secara luring. Lalu, pada pukul 06.25 WIB dilakukan pengkondisian oleh Sie. KDSP, penyebaran presensi melalui link Google Form, dan mobilisasi bagi peserta secara daring. Setelah adanya pengkondisian dan mobilisasi, para peserta PKKMB diarahkan untuk melanjutkan kegiatan FGD (Forum Group Discussion) sesuai kepercayaan masing – masing bersama dengan mentor yang telah ditentukan sebelumnya. Sesudah kegiatan FGD, pada pukul 07.20 – 07.50 WIB dilaksanakan mobilisasi menuju ruang kelas dan ruang Zoom yang dipandu oleh Sie. KDSP.

Sumber: Sie. HPD PKKMB Akuntansi

Selanjutnya acara PAS PKKMB dibuka oleh pariwara, yakni Vivin Apriyanti Zain dan Rama Sukma Wardana. Dilanjutkan dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan Mars Mahasiswa Totalitas Perjuangan, serta menayangkan video orientasi kampus yang berisi pengenalan kampus Universitas Negeri Jakarta. Setelah penayangan video orientasi kampus, dilanjutkan dengan sambutan oleh Rohman Catur Laksono selaku Ketua Pelaksana PKKMB Prodi Akuntansi 2022, Agil Prasojo selaku Ketua BEM Prodi Akuntansi 2022, Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, SE., M.Si., AK., CA. selaku Koordinator Program Studi S1 Akuntansi, dan Ibu Diah Armeliza, S.E., M.Ak. selaku Koordinator Program Studi D4 Akuntansi Sektor Publik.

Pada pukul 08.40 – 09.10 WIB dilaksanakan pemaparan materi “Pengenalan Program Studi Akuntansi” yang memuat visi dan misi program studi Akuntansi, pengenalan program studi, serta pengenalan dosen S1 Akuntansi dan D4 Akuntansi Sektor Publik yang disampaikan oleh Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si, AK, CA. dan Ibu Diah Armeliza, S.E., M.Ak. Lalu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pesan, dan kesan.

Sumber: Sie. HPD PKKMB Akuntansi

Kegiatan selanjutnya adalah mobilisasi menuju ruang kelas serta pengkondisian room zoom kepada mahasiswa D4 Akuntansi Sektor Publik. Untuk pemaparan materi S1 Akuntansi dimulai pada pukul 09.50 – 10.55 WIB, dilanjutkan dengan pemaparan materi “Peraturan Akademik dan Kurikulum serta Pengenalan Etika Kampus.” Pemaparan materi disampaikan oleh Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si., AK, CA. dan Ibu Indah Muliasari, S.E., Akt., M.Ak. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan materi mengenai profil S1 Akuntansi, etika mahasiswa, dosen, dan tenaga kerja, program Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS), peraturan akademik, registrasi akademik, dan sistem perkuliahan dan kurikulum.

Untuk D4 Akuntansi Sektor Publik dimulai pada pukul 09.50 – 11.05 WIB yang disampaikan oleh tiga dosen yakni, Ibu Hera Khairunnisa, S.E., M.Ak., Ibu Tri Hesti Utaminingtyas, S.E., M.SA., dan Ibu Diah Armeliza, S.E., M.Ak. Beliau juga menyampaikan hal – hal terkait kegiatan akademik serta sistem perkuliahan dan kurikulum. Setelah itu, dilakukan sesi tanya jawab oleh peserta baik peserta online maupun offline. Lalu, dilanjutkan dengan pengkondisian mahasiswa/i D4 Akuntansi Sektor Publik untuk kembali menuju ruang kelas dan ruang Zoom awal.

Untuk mencairkan suasana di sela waktu berlangsung, para mahasiswa baru diminta untuk memberi kesan, pesan, dan memberi ulasan atas materi yang disampaikan oleh para dosen, serta melakukan jargon PKKMB Akuntansi 2022. Agenda selanjutnya adalah penayangan video kapita selekta panitia PKKMB Akuntansi 2022 yang dimulai pada pukul 11.40 dan diakhiri pada pukul 11.50  untuk ISHOMA. Setelah ISHOMA, dilanjutkan kembali dengan pengkondisian para mahasiswa baru oleh Sie KDSP. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi  penayangan video kapita selekta BEM Akuntansi Universitas Negeri Jakarta Kabinet Adhigana Harsa 2022.

Setelah kapita selekta BEM, acara selanjutnya adalah pemaparan materi dengan tema “Kiat Sukses dan Motivasi Belajar di Perguruan Tinggi” oleh Kak Alifia Sholiha, S.Ak. yang dimoderatori oleh Fiqri Adi Nugroho. Pada saat pemaparan, Kak Alifia menyampaikan mengenai adanya perbedaan persepsi kesuksesan diantara orang – orang dan bagaimana kita dapat mewujudkan kesuksesan atas standar yang ditetapkan diri sendiri serta dapat menentukan apa yang menjadi skala prioritas dalam diri kita sendiri. Menjalankan kesuksesan juga dibutuhkan ikhtiar, usaha, dan berdoa kepada yang Maha Kuasa.

Sumber: Sie. HPD PKKMB Akuntansi

Selepas pemaparan materi, terdapat sesi tanya jawab kepada peserta baik peserta secara daring maupun luring dengan mengangkat tangan dan memberikan pertanyaan apabila telah diizinkan oleh moderator. Sehabis sesi tanya – jawab, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada Kak Alifia Sholiha, S.Ak.

Selanjutnya pada pukul 14.40 – 15.30 dilaksanakan self management oleh Sie. KDSP yang bertujuan untuk melatih sikap kedisiplinan, tanggung jawab, dan kebersamaan mahasiswa/i baru tanpa tindakan kekerasan atau tindakan perpeloncoan. Setelah kegiatan self management, pada pukul 15.35 – 15.40 WIB diadakan sosialisasi pengisian angket oleh BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa).

Sumber: Sie. HPD PKKMB Akuntansi

Karena telah dibuka dengan hal – hal baik, maka kegiatan selanjutnya ditutup dengan pembacaan doa penutup serta penutupan acara oleh MC pada pukul 15.40 WIB. Setelah penutupan oleh MC, terdapat pengondisian pulang yang dipimpin oleh Sie. KDSP agar teratur. (RDF/VAZ/AIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *