Patut Dibanggakan! Indonesia Dinobatkan sebagai Negara Terindah Mengalahkan Selandia Baru

Kita patut bahagia! Pada tahun 2022, Indonesia dinobatkan oleh situs inggrismani.co.id sebagai negara terindah di dunia. Terdapat 50 negara pula yang diikutsertakan dan dianalisis berdasarkan 7 faktor, di antaranya gunung berapi, terumbu karang, pegunungan, garis pantai, kawasan lindung, hutan hujan, dan glester. Prestasi ini pun berhasil mengalahkan berbagai negara terkenal lain di Asia maupun di Eropa.

Panjang garis pantai Indonesia adalah 95.181 km dan jumlah gunung berapi aktif di Indonesia terdapat sebanyak 127 gunung api. Berdasarkan laporan Global Forest Resources Assessment 2020 yang dirilis Food and Agriculture Organization (FAO), luas kawasan hutan lindung di Indonesia mencapai 51,7 juta hektare (ha) dan berdasarkan status terumbu karang Indonesia (2017) yang diterbitkan Pusat Penelitian Oseanografi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), terdapat 569 jenis karang yang dijumpai di perairan Indonesia, sedangkan untuk gletser, puncak Jaya Papua selama ini menjadi bukti keajaiban alam. Di titik tertinggi Pegunungan Jayawijaya itu terdapat gletser alias lapisan es, satu-satunya gletser tropis di Indonesia. Sebagian orang menjulukinya sebagai gletser abadi.

Sumber foto: Kompas.com

Indonesia menjadi negara terindah dengan skor kecantikan alami natural beauty score 7,77 dari 10 setiap jarak 100.000 km persegi. Wilayah Indonesia terdapat keindahan alam hutan tropis hingga menurut penulis mani.co.id, Indonesia sangat menakjubkan. Indonesia juga memiliki berbagai spesies flora dan fauna yang unik, seperti pada spesies flora terdapat anggrek, daun payung, edelweiss jawa, rafflesia arnoldi, dan pohon ulin. Sementara itu, pada spesies fauna unik Indonesia terdapat komodo, harimau sumatera, orang utan, cenderawasih, dan jalak bali.

Kekayaan Indonesia tidak hanya bersumber dari sumber daya alam yang indah, tetapi juga kekayaan budaya yang beragam dan menjadi pemersatu bangsa. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau yang dihuni lebih dari 360 suku bangsa dan memiliki lebih 600-an bahasa. Banyaknya jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia pun menjadikan negara kita kaya akan tradisi dan budaya. Hal tersebut juga dilengkapi dengan aneka kuliner atau makanan khas dari tiap-tiap daerah.

Posisi kedua, dinobatkan kepada Selandia baru dengan skor kecantikan alami 7,27 dari 10 dan posisi ketiga ditempati negara Kolombia dengan skor 7,16 dari 10.

Sumber foto: Kompas.com

Bukankah hal ini adalah sesuatu yang patut untuk dibanggakan? Kita berharap penghargaan ini tidak hanya sekadar penghargaan semata. Mari, kita tetap jaga dan lestarikan sumber daya alam yang ada di Indonesia. Selain itu, kita juga harus tetap melestarikan kearifan lokal dan kebudayaan-kebudayaan yang ada Indonesia agar tidak punah terbawa arus zaman karena kebudayaan-kebudayaan tersebut merupakan warisan bangsa kita sendiri. Lalu, dinobatkannya Indonesia sebagai negara terindah dapat memberikan manfaat lain, yaitu mendatangkan para wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Tentunya, hal ini selain untuk menambah devisa negara, juga sebagai sarana untuk memperkenalkan alam dan budaya Indonesia kepada para wisatawan asing. (EO/RIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *