PENGABDIAN MASYARAKAT: PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR TEKNIS MENULIS KARYA ILMIAH

Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, kembali menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Pelatihan Keterampilan Dasar Teknis Menulis Karya Ilmiah” secara daring melalui platform Zoom Meeting pada hari Selasa, 28 Juni 2022, dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Kegiatan ini merupakan kegiatan kerja sama ataupun kolaborasi dengan beberapa kampus di antaranya, yaitu Universitas Negeri Jakarta selaku tuan rumah dari kegiatan ini, lalu juga ada Universitas Binawan, Sekolah Tinggi Manajemen LABORA, dan Univesitas Buana Perjuangan.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Pengabdian Masyarakat ini berfokus untuk menjelaskan tentang dasar-dasar dalam menulis karya ilmiah melalui teknik-teknik yang sesuai dengan kaidah kepenulisan. Kegiatan ini disajikan dalam bentuk pemaparan materi-materi oleh para pembicara yang mumpuni di bidangnya dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Materi-materi yang disampaikan pun sangat relevan dengan tema Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan ini.

Materi yang disampaikan terbagi menjadi 3 topik, yaitu yang pertama mengenai Manajemen Referensi, topik kedua mengenai Parafrase, kemudian topik yang ketiga mengenai Kepenulisan dan Publish Jurnal Internasional.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Program ini merupakan bagian dari implementasi Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu Mengabdi kepada Masyarakat. Peserta Pengabdian Masyarakat ini seluruhnya dihadiri oleh para pembelajar, baik itu di kalangan mahasiswa maupun kalangan dosen atau tenaga pendidik. Pelaksanaan kegiatan tersebut alhamdulillah berjalan lancar, hal ini karena partisipasi dan keterkaitan semua pihak, terutama pihak partisipan yang menghadiri kegiatan ini, baik dari Universitas Negeri Jakarta maupun dari kampus mitra, pihak dosen, hingga pihak mahasiswa yang telah membantu terselenggaranya program ini.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Hasil pengabdian masyarakat tersebut diharapkan dapat membantu para mahasiswa, khususnya mahasiswa/i tingkat akhir dalam melakukan penulisan skripsi atau tugas akhirnya. Selain itu, diharapkan juga dapat membantu seluruh partisipan yang hadir, baik itu kalangan dosen maupun mahasiswa dalam melakukan penulisan-penulisan karya ilmiah hingga tahap publikasi melalui jurnal internasional.

Penulis: Bagas Nurseto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *