PKKMB EA 2022 Kembali Hybrid Setelah Sebelumnya Daring, Yuk, Simak Keseruannya!

 

Kabar gembira ini datang untuk angkatan 2022 karena PKKMB EA diaksanakan secara hybrid. Setelah menunggu keputusan dari berbagai pihak, akhirnya PKKMB EA resmi diadakan secara hybrid yang tahun sebelumnya terlaksana secara full daring. PKKMB EA tahun ini mengambil tema “Intregity Of EA” dengan maskot badak bercula satu yang memiliki makna kekuatan. Rangkaian PKKMB EA, terdiri atas PRA PKKMB EA 2022, PAS 1 PKKMB EA 2022, dan PAS 2 PKKMB EA 2022. Semua rangkaian dilaksanakan dari tanggal 18, 25, dan 26 Agustus 2022. Lalu, yang dilaksanakan secara hybrid adalah PAS 1 PKKMB EA 2022. Pada PRA PKKMB yang dilaksanakan secara daring, semua mahasiswa baru prodi Ekonomi dan Administrasi diberikan sosialisasi penugasan dan tata tertib selama PKKMB EA berlangsung.

Sumber: HPD PKKMB EA 2022

Tibalah PAS 1 PKKMB EA digelar. Mahasiswa baru dibagi menjadi 30 kelompok. Kelompok dengan nomor kelompok genap, menjadi kelompok yang ikut datang ke kampus, sedangkan kelompok yang bernomor ganjil, menjadi kelompok yang melaksanakan dari rumah. Walaupun PKKMB EA 2022 dilaksanakan secara hybrid, tidak menghilangkan rasa semangat mahasiswa baru. Para mahasiswa baru mulai berdatangan dan berbaris untuk menuju ke titik kumpul. Titik kumpul berada di Pelataran Gedung Ki Hajar Dewantara. Semua mahasiswa baru dicek dan diarahkan untuk mengisi presensi. Setelah itu, mahasiswa baru diarahkan ke barisan prodinya masing-masing untuk menuju Aula Ki Hajar Dewantara. Lalu, acara PAS 1 PKKMB EA 2022 resmi dibuka oleh MC. Setelah dibuka, dilanjutkan dengan membaca doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan lagu Totalitas Perjuangan sambil berdiri tegap dan mengepalkan tangan. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua pelaksana PKKMB EA 2022, Ketua BEM Prodi Ekonomi dan Administrasi, dan perwakilan dosen. Setelah mendengar sambutan, para mahasiswa akan diberikan materi dan pengenalan prodi masing-masing. Mahasiswa baru ditertibkan dan diarahkan oleh Sie KDSP untuk memandu mahasiswa baru menuju ruangannya di Aula Ki Hajar Dewantara dan Gedung Raden Ajeng Kartini.

Sumber: HPD PKKMB EA 2022

Setelah penyampaian materi, setiap prodi memiliki sesi tanya jawab dan post test untuk mengetes daya ingat mahasiswa baru atas materi yang telah disampaikan. Setelah semua selesai, mahasiswa baru diarahkan kembali ke Aula Ki Hajar Dewantara untuk melaksanakan Ishoma. Setelah Ishoma, seluruh mahasiswa rehat sejenak dengan ice breaking, semuanya sangat senang dan semua berpartisipasi dalam ice breaking. Setelah ice breaking, ada sesi sharing sessions dengan tema “Kiat Sukses dan Motivasi Belajar di Perguruan Tinggi”. Sharing sessions berjalan dengan tenang dan semua mahasiswa turut mendengarkan. Di akhir sharing sessions, terdapat sesi tanya jawab dan Kapita Selekta BEM Prodi Ekonomi dan Administrasi. Seluruh anggota BEMP memperkenalkan dirinya satu-satu beserta menjelaskan sedikit program kerja yang dilakukan selama satu periode. Setelah itu, tibalah di penghujung acara, yaitu pembacaan doa penutup. Lalu, ada penutupan kegiatan PAS 1 PKKMB EA 2022 oleh MC. Dan terakhir, ada dokumentasi bersama. Lalu, ada pengkondisian pulang.

Sumber: Fotografer Econochannel

Rangkaian esoknya adalah PAS 2 PKKMB EA 2022 yang dilaksanakan secara online. Teknis dari acaranya sendiri tidak jauh berbeda dengan PAS 1 PKKMB EA 2022. Sama serunya dan tidak kalah keren acaranya karena semua panitia berusaha memberikan yang terbaik untuk para mahasiswa baru.

Setelah acara PKKMB EA 2022 selesai, Giffary Aulia Rachman, selaku ketua pelaksana PKKMB EA mengatakan, bahwa dirinya merasa senang sekaligus kaget karena ia bersama seluruh panitia PKKMB EA 2022 berhasil melaksanakan PKKMB EA 2022 secara hybrid dan acaranya meriah.

Sumber: HPD PKKMB EA 2022

“Karena PKKMB EA yang sebelumnya full daring, tetapi tahun ini, kita berhasil melaksanakan secara hybrid dan itu juga menjadi tantangan sekaligus pengalaman bagi kita panitia termasuk saya juga sebagai ketua pelaksana,” kata Giffary. Dibalik kesenangan, tentunya ada kendala yang dirasakan oleh Kak Giffary dan seluruh panita saat mempersiapkan konsep beserta segala sesuatunya untuk PKKMB EA 2022 ini, tetapi kita harus profesional dan alhamdulillah semua itu bisa terlewati. “Kesannya, alhamdulillah rasanya lega sekaligus seneng banget karena PKKMB EA 2022 yang kita rancang bareng-bareng bisa berjalan sesuai dengan rencana dan acaranya pun lancar. Walaupun ada sedikit kendala, ya namanya sesuatu itu tidak ada yang sempurna. Pesannya, semoga jikalau nanti PKKMB EA di tahun-tahun selanjutnya akan dilaksanakan secara hybrid kembali atau bahkan bisa full luring, saya harap evaluasi-evaluasi ditahun ini, bisa diatasi dan tidak terjadi kesalahan yang fatal. Karena kami sebagai panitia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa baru EA.”

(ACP/RIV)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *