Promosi Tetap Gagal padahal Sudah Memberi Diskon

Sumber: xendit.co

Promosi merupakan hal yang penting dalam suatu bisnis, baik itu bisnis yang baru dirintis ataupun bisnis yang sudah memiliki nama besar. Dalam pengertiannya, promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan suatu produk atau jasa dengan tujuan menarik konsumen atau pembeli.

Namun, dalam hal promosi ini bukanlah hal yang mudah dan selalu berhasil. Untuk itu, melakukan promosi tentunya harus tepat. Lalu, apakah kamu telah gencar promosi dan telah memberikan diskon, tetapi belum ada hasil yang signifikan? Mungkin ini alasannya.

  1. Tidak memiliki harga promo
Sumber: sodexo.co.id

Bagi pembeli, tentunya diskon yang paling ditunggu-tunggu. Untuk itu, bila harga sedikit diturunkan dari standar normalnya, orang-orang akan berminat mencoba. Hal tersebut karena calon pembeli tidak mau rugi karena mengeluarkan uang untuk membeli barang yang mereka belum ketahui.

  1. Tidak memberikan garansi
Sumber: pexels.com/Thirdman

Pemberian garansi merupakan tanda bahwa produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik dan juga para pembeli tentunya tidak takut dalam membeli karena mereka merasa terjamin.

Untuk produk yang mudah rusak atau para penjual (oknum) yang sengaja menjual produk rusak atau cacat tanpa garansi, pembeli tentu akan memikirkan ulang kenginannya untuk membeli.

  1. Produk yang dipromosikan kurang memiliki kelebihan
Sumber: idntimes.com

Walaupun kamu telah memberikan diskon selama promosi, tetapi produk yang ditawarkan memiliki kualitas produk yang rendah atau serupa dengan produk lainnya yang lebih dari prosuk yang ditawarkan.

  1. Tidak tersedianya sampel percobaan
Sumber: Kompas.tv

Sampel produk ini digunakan untuk para pembeli agar dapat mencoba produk yang ditawarkan. Hal tersebut agar calon pembeli dapat mencoba secara langsung dan mereka akan semakin yakin dalam mengambil keputusan untuk membeli atau tidak.

  1. Salah memilih orang dalam melakukan promosi offline
Sumber: https://review.bukalapak.com/

Dalam promosi offline tentunya harus ada pelayanan yang baik dan tepat, seperti jika terdapat calon pembeli yang dapat saja bersikap kurang ramah atau terlalu kritis terhadap penjelasan yang diberikan dan kamu menerjunkan orang yang gugup, komunikasinya kurang apik, atau cepat kehilangan kesabaran, promosi pasti tidak akan berhasil mencapai tujuan.

Dengan segala kemungkinan alasan yang telah dipaparkan di atas, perlu kita pahami dalam memulai atau mengembangkan bisnis bahwa untuk mencapai target yang akan dicapai, promosi harus dilakukan secara berkesinambungan. Jangan membayangkan hari ini promosi dan besok produkmu telah laku keras. Teruslah melakukan promosi yang menarik agar produkmu melekat di ingatan oleh para calon pembeli.

(DVY/REI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *