Bagi Sektor Perekonomian Indonesia, Era Society 5.0 adalah Ancaman atau Peluang?

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi dan hal ini sudah menjadi perhatian bagi dunia Internasional. Dalam meningkatkan perkembangan ekonomi yang ada, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peranan penting didalamnya. Pada situs Indonesia Investments tertulis bahwa UMKM di Indonesia merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Hal ini disebabkan oleh para pelaku UMKM ini memanfaatkan 60 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan dapat menciptakan lapangan kerja untuk menghambat 108 juta orang Indonesia. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa suatu hal sangat penting dilakukan oleh peran wirausaha. Maka dari itu, saat ini upaya pemerintah dalam meningkatkan daya saing padamasyarakat era 5.0 adalah dengan mendorong tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru. sehingga masyarakat era 5.0 dimaknai dengan persaingan di berbagai sektor yang langsung terhubung dengan kebutuhan masyarakat, kehidupan untuk hidup dengan teknologi. 

Kemajuan teknologi yang berkembang saat ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia, karena dengan adanya dunia digital, peluang bisnis serta usaha lainnya pun semakin meluas. Seperti halnya usaha yang didirikan oleh salah satu anak muda berprestasi yang kini telah lulus dari Waseda University, Jepang. Sosok ini memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk ke para followers-nya. Baik di akun instagram maupun di channel youtube-nya. Anak muda ini bernama Jerome Polin Sijabat atau yang lebih kita kenal dengan nama Jerome Polin. Jerome membangun sebuah usaha yang ia beri nama ‘Menantea’ yang dimana usaha ini ia rintis bersama Sang Kakak, Jehian Panangian Sijabat, dan di branding dengan konten yang unik serta informatif.Kini, usaha yang diberi nama Menantea ini telah memiliki 204 toko di 74 kota. Ini membuktikan bahwa tanpa sadar akan adanya era digital serta teknologi dan strateginya dapat membuat kita lebih mudah untuk menyebarluaskan sebuah informasi.

Dalam kisah nyata yang dialami oleh Jerome Polin dapat kita simpulkan bahwa peka terhadap perkembangan yang ada disekitar kita dan mampu melihat peluang serta langsung mengeksekusi ide-ide kecil yang muncul dalam pikiran dengan strategi yang dapat membantu kita dalam berkontribusi untuk membersamai Indonesia dalam berdaya saing dengan dunia terutama di tingkat internasional.ya bersaing dengan dunia terutama di level internasional.

(MLE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *