Harga BBM Naik? Simak Tips untuk Menyikapinya!

Pada Sabtu, 3 September 2022, Presiden Jokowi mengumumkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) subsidi dan nonsubsidi jenis Pertalite, Pertamax, dan Solar resmi naik. Dalam konferensi persnya ia mengatakan, bahwa pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit dan pilihan terakhir dari pemerintah adalah mengalihkan subsidi BBM sehingga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian dan ini juga terkait dengan peningkatan subsidi dari APBN.

Sumber foto : freepik

Harga BBM jenis Pertalite yang semula sebesar Rp7.650 per liter menjadi Rp10.000 per liter, sedangkan harga Pertamax yang saat itu Rp12.500 per liter menjadi Rp14.500 per liter. Sementara itu, harga BBM jenis solar yang saat ini sebesar Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter.

Kenaikan harga BBM membuat sebagian besar masyarakat menjadi resah dan sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan adanya kenaikan BBM, maka sandang, pangan, dan papan pun akan ikut naik pula. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara untuk menyikapi hal tersebut dengan bijak.

  1. Mengurangi pengeluaran konsumtif dan membiasakan budaya cukup. Misalkan gaya hidupnya tiap hari selalu jajan di luar, itu bisa diubah dengan memasak sendiri atau dengan mengurangi jajan di luar.
  2. Memaksimalkan jumlah penumpang dalam satu kendaraan. Bagi yang memiliki kendaraan atau mendapat fasilitas kendaraan, bisa membuat janji untuk pergi dan pulang kerja bersama-sama.Pengeluaran harga bensin atau solar bisa lebih ringan jika ditanggung secara bersama.
  3. Menggunakan moda transportasi non-BBM, misalkan sewaktu-waktu bisa dengan bersepeda atau berjalan kaki bagi yang masih kuat dan bugar. Selain bisa menghemat pengeluaran, juga membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Selain itu, dapat juga mengubah ke moda transportasi listrik yang saat ini sudah ada beberapa produsen yang menjual transportasi menggunakan listrik. Walaupun harganya lebih mahal dari transportasi BBM, transportasi listrik dapat menjadikan lingkungan bersih dan long life, itu berarti kita dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian bumi.

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menyikapi kenaikan BBM yang terjadi. Mari hadapi kehidupan dengan tetap bahagia, walaupun tidak merasakan kesenangan. (AR/RAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *