Sayang Karyawan, Tokopedia Menjadi Tempat Kerja yang Nyaman Bagi Karyawan

Siapa yang tidak tahu Tokopedia? Ya, Tokopedia merupakan toko daring yang didirikan pada tahun 2009 dan sekarang ini Tokopedia tidak hanya berpengaruh di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara. Tokopedia sendiri memiliki tujuan untuk menjadi ‘perusahaan teknologi yang paling dikagumi’ bagi para pekerja dan calon pekerja di Indonesia. Tokopedia juga mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta perorangan untuk memasarkan produk mereka secara daring sehingga usaha mereka dapat berkembang. Disamping Itu, Tokopedia ini juga termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Sumber foto : analisadaily.com

Baru-baru ini, Tokopedia dinobatkan menjadi tempat kerja terbaik di Asia-Pasifik. Mengapa dapat dikatakan demikian? Karena Tokopedia ini mendukung karyawannya selama adanya krisis kesehatan global dan Tokopedia memberikan ruang bagi siapa pun yang ingin berkarya dan membawa dampak bagi Indonesia melalui bidang teknologi. Selain itu, Tokopedia merupakan salah satu perusahaan yang memberikan kemudahan bagi karyawannya, terutama di tengah pandemi, yaitu dengan menerapkan kebijakan bekerja di rumah dari sejak awal pandemi agar mengurangi penularan virus COVID-19. Setiap karyawan di Tokopedia memiliki fasilitas platform komunikasi digital agar tetap dapat berkoordinasi virtual secara efektif. Tokopedia juga menyediakan platform khusus yang dapat diakses kapan dan dimana saja, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan motivasi serta menjaga kesehatan karyawannya, salah satu platformnya, yaitu Mental Wellness (Kesehatan Mental). Selain adanya platform, Tokopedia juga memiliki program untuk mendorong karyawannya agar dapat memiliki pengalaman kerja yang lebih menyenangkan dan produktif dari rumah melalui serangkaian kegiatan virtual, program ini disebut Work Fun Home.

Saat ini, Tokopedia memiliki lebih dari 4.500 karyawan atau biasa disebut Nakama yang berasal dari berbagai latar belakang. Perusahaan juga akan terus berkolaborasi dengan para Nakama agar dapat menciptakan berbagai inovasi yang dapat memberikan kemudahan bagi kehidupan masyarakat. Selain itu, ada beberapa kebijakan yang dibuat Tokopedia dengan menyediakan regulasi bagi orang tua yang bekerja untuk fokus pada tanggung jawab penting, menjadi orang tua dan juga pekerjaan, kebijakan tersebut, yaitu cuti hamil, kebijakan masa transisi menjadi seorang ibu (waktu kerja yang diberikan hanya 20 jam/minggu selama 2 minggu berturut-turut) dan cuti 10 hari untuk Nakama yang baru saja menjadi ayah (paternity leave). (SF/AIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *