Bisa Video Call Hingga 32 Orang, WhatsApp Merilis Fitur Call Links!

Sumber: Team GoodTimes

Aplikasi WhatsApp semakin mengembangkan fitur-fitur untuk mempermudah dan memuaskan para penggunanya. Dilansir dari postingan Facebook Mark Zuckerberg, WhatsApp akan meluncurkan fitur baru yang bernama “WhatsApp Call Links”. Fitur call link merupakan fitur yang dirancang agar pengguna dapat bergabung ke group call hanya dengan klik atau tap pada link yang dibagikan sehingga WhatsApp menjadi platform telekonverensi atau aplikasi konferensi video call, seperti Google Meet dan Zoom Meeting.

            Dilansir dari CNNIndonesia, lewat fitur terbaru ini pengguna WhatsApp dapat membagikan tautan tersebut kepada pengguna lain dan mereka yang membuka tautan tersebut dapat langsung bergabung dalam sebuah panggilan suara maupun video. Tidak hanya bergabung di group call, pengguna juga dapat membuat call link dengan cara mengetuk opsi “buat panggilan tautan” dalam tab panggilan. Lalu, membuat tautan untuk panggilan audio atau video dan dibagikan dengan keluarga ataupun teman.

Sumber: CNN Indonesia/Safir Makki

             Akan tetapi, untuk saat ini belum diketahui kapan fitur WhatsApp terbaru akan digunakan oleh masyarakat di dunia. Namun, menurut rumor yang beredar, “WhatsApp Call Links” akan dirilis dalam pekan ini. Fitur ini nantinya akan tersedia untuk pengguna Android maupun iOS. Dilansir dari The Verge, fitur baru ini sebelumnya telah diumumkan CEO Meta, Mark Zuckerberg, lewat halaman Facebooknya.

“Kami mengeluarkan link panggilan di Whatsapp, dimulai dari pekan ini sehingga Anda bisa membagikan link untuk memulai panggilan dengan satu ketukan. Kami juga melakukan tes panggilan video terenkripsi hingga 32 orang. Akan ada lebih banyak lagi,” kata Zuckerberg.

            Dengan adanya fitur call links, WhatsApp dapat bersaing dengan Google Meet, Microsoft Teams, dan Zoom Meeting. Walaupun begitu, sejauh ini ketiga kompetitor tersebut masih unggul dalam kapasitas peserta. Seperti yang diketahui jika  Google Meet dan Microsoft Teams bisa menampung hingga 100 orang, sedangkan Zoom Meeting mampu menampung hingga 300 orang. Meski demikian, terdapat keunggulan dari “WhatsApp Call Links” mengenai durasi panggilan yang tidak terbatas sehingga WhatsApp mempunyai peluang untuk dapat menjadi kompetitor yang kuat. (FKH/REI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *