UK Replica Watches Hot Sale,70% OFF & Free Shipping,replica watchesAvailable With Remarkable Rolex, Omega, Breitling, Hublot Fake Watches And Other.

Replika Órák - Olcsón Rolex replika órák Minősége Óra Webáruház Akciós

Wer verkauft die besten Replik-Rolex-Uhren? Alle Antworten finden Sie auf unserer Website replica uhrenwerden Sie auch ihre Vintage-Luxus-Replik von Rolex King Midas sehen.

Character of a businessman feeling small and trapped illustration

Takut dengan Ruangan Tertutup dan Sempit? Bisa Jadi Kamu Mengidap Claustrophobia

Sumber foto: Freepik.com

Hai EClicious! Ada gak sih dari kalian yang merasa takut saat berada di dalam ruangan yang tertutup dan sempit? Jika iya, bisa jadi kalau kamu itu mengidap claustrophobia atau fobia tempat tertutup dan sempit. Biasanya, seorang claustrophobic akan memiliki ketakutan yang berlebihan walaupun sebenarnya tidak ada bahaya menyerang. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan berikut ini, ya!

Claustrophobia merupakan salah satu jenis fobia di mana seseorang memiliki rasa takut yang berlebih terhadap tempat tertutup. Secara umum, merasa takut saat terperangkap sebenarnya merupakan hal yang normal dengan catatan bila terdapat ancaman yang benar adanya. Akan tetapi, orang dengan claustrophobia dapat merasakan ketakutan pada situasi berada di ruang tertutup tanpa terdapatnya tanda bahaya yang jelas atau realistis.

Klaustrofobia dapat menyerang tiap orang dengan cara yang berbeda-beda. Gejala yang timbul dapat berupa gugup ringan hingga serangan panik. Beberapa gejala yang mungkin menyertai kondisi ini saat berada di ruang sempit di antaranya sesak napas, detak jantung cepat, berkeringat, gemetar atau tremor, mual, pusing, mulut kering, kulit kemerahan, panas dada, sesak atau sakit hiperventilasi, kebingungan atau disorientasi (linglung), mati rasa, sakit kepala, sensasi tersedak, dan merasa tidak enak badan. Beberapa penderita claustrophobia juga mungkin akan mendapatkan sensasi seolah akan mati atau dunia kiamat (sense of doom).

Berikut ini ada beberapa terapi untuk mengatasi claustrophobia yang dilansir di laman Kompas.com, di antaranya sebagai berikut:

  • Terapi paparan

Secara bertahap terapi ini akan menempatkan penderita ke dalam situasi yang membuat takut untuk membantu mengatasinya. Misalnya, dari melihat foto ruang sempit hingga akhirnya dapat berada di ruang sempit.

  • Terapi perilaku kognitif (CBT)

Salah satu jenis terapi bicara yang melibatkan pembicaraan tentang pikiran negatif pemicu rasa takut dan mempelajari cara mengatasinya. Terapi paparan dapat dikombinasikan dengan CBT.

  • Realitas maya (VR)

Penggunaan simulasi komputer seolah penderitanya berada di lift atau mesin MRI. Dengan mendapatkan pengalaman melalui realitas maya dapat membantu mengurangi rasa takut dalam suasana yang terasa aman.

  • Relaksasi dan visualisasi

Dengan nempelajari cara untuk menenangkan diri sendiri saat berada di situasi yang membuat takut.

  • Perawatan medis

Jika terapi tidak cukup, dokter mungkin akan membantu meresepkan obat kecemasan atau antidepresan untuk membantu mengatasi kondisi yang menyebabkan ketakutan.

Penanganan yang baik dapat membantu mencegah timbulnya keluhan dari claustrophobia. (AR/KAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now perfect duplicate branded automatic watches for the best price on Perfect Watches website., replica watchesWorldwide shipping available.

Top Zwitserse luxe 1: 1 Rolex replica horloges winkel voor heren, replica breitling koop goedkope nep Rolex horloges voor heren online.