Twitter Akan Luncurkan Tiga Warna Centang Verifikasi Baru, Apa Saja Itu?

Sumber: Kompas.com

Twitter akan meluncurkan tiga centang verifikasi baru dengan warna yang berbeda. Peluncuran ini telah diumumkan oleh pemilik baru sekaligus CEO Twitter, Elon Musk, melalui akun pribadi @elonmusk, pada Jumat (25/11/2022). Tiga centang baru ini akan meluncur mulai Jumat (2/12/2022) mendatang. Pembaruan tanda centang bagi akun verifikasi akan menghadirkan warna biru, emas, dan abu-abu. Berdasarkan penjelasan Musk dalam tweet-nya, berikut perbedaan centang biru, emas, dan abu-abu:

  • Centang biru menandakan akun yang mempresentasikan individu, baik selebriti maupun non-selebriti;
  • Centang emas merupakan akun milik perusahaan; dan
  • Centang abu-abu untuk menandakan akun milik pemerintah.

Sebelumnya, seperti dilansir The Guardian, Jumat (25/11/2022), lebih dari 400.000 akun Twitter saat ini memiliki tanda centang biru. Centang biru tersebut diberikan kepada akun terkemuka, seperti milik selebriti, politisi, jurnalis, departemen pemerintah, dan perusahaan besar. Namun, kini centang biru akan berlaku khusus individu, terlepas dari selebriti atau tidak.

Musk mengatakan, individu juga bisa mendapatkan logo centang kecil yang memverifikasi bahwa mereka bagian dari suatu organisasi. Logo atau tanda centang kecil ini diperoleh jika organisasi tersebut telah memverifikasi pemilik akun. Menurut Musk, semua akun terverifikasi saat ini akan diautentikasi atau dibuktikan keasliannya secara manual sebelum tanda centang diaktifkan. Namun, Musk belum memberikan bocoran apakah akan ada biaya untuk pemilik akun-akun terverifikasi. Adapun autentikasi manual berguna untuk meminimalisir kehadiran akun bodong yang mendapatkan centang. Sebab sebelumnya, layanan premium Twitter Blue seharga 8 dollar AS atau sekitar Rp123.000 per bulan menawarkan beragam fitur eksklusif.

Salah satu fitur tersebut, yaitu mendapatkan status akun asli dengan kehadiran tanda centang biru di sebelah kanan username Twitter. Kebijakan ini berimbas pada maraknya akun-akun palsu yang berpura-pura menjadi politisi, artis, atlet, perusahaan, dan sebagainya. Oleh karena itu, layanan Twitter Blue pun dihentikan untuk sementara. Twitter Blue sendiri semula hanya tersedia pada iOS di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, Inggris, dan Selandia Baru. Perilisan ulang Twitter Blue yang semula dijadwalkan pada 29 November 2022 pun turut diundur menjadi Jumat (2/12/2022) pekan depan. (VAZ/REI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *