Ucapkan Selamat Tinggal untuk Zenly yang Tutup di Tahun 2023!

Pada 3 Desember 2022, akun Instagram @zenlyapp mengumumkan kabar yang cukup mengejutkan yang menyatakan bahwa sisa waktu pengguna zenly hanya 60 hari, sebelum penutupan tepatnya per 3 Februari 2023 mendatang.

“Dengan jenius, Anda bergabung dengan zenly untuk mengikuti orang-orang terdekat Anda, untuk mencatat semua tempat dan kenangan favorit Anda. Sudah lebih dari 3000 hari sejak awal zenly dan hanya tersisa 60 hari sebelum berakhir,” tulis pengumuman tersebut.

Sumber foto: Instagram @zenlyapp

Di samping itu, pihak zenly merekomendasikan penggunanya untuk menggunakan Snap Map, yakni fitur dari Snapchat yang juga menyediakan layanan melacak lokasi orang lain.

Zenly dibuat pada 2014 oleh Amplitude, perusahaan asal Perancis, tetapi tiga tahun kemudian Snapchat membelinya. Zenly mengklaim menggunakan informasi pribadi pengguna sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan di dalam Regulasi Umum Perlindungan Data yang ditetapkan Uni Eropa.

Aplikasi zenly ini sendiri adalah aplikasi berbasis lokasi yang menyimpan riwayat lokasi pengguna untuk menyediakan layanannya, seperti alamat rumah, sekolah, kampus, tempat yang sering dikunjungi, dan juga rute yang selalu dilewati. Saat ini, aplikasi zenly tengah digandrungi oleh remaja di Indonesia.

Ada tiga kategori informasi yang dikumpulkan oleh zenly:

  1. Informasi yang pengguna berikan, seperti data diri, foto profil, daftar kontak, lokasi, dan komunikasi.
  2. Informasi yang mungkin didapatkan saat pengguna menggunakan aplikasi, seperti informasi penggunaan, informasi perangkat, dan informasi lokasi.
  3. Informasi yang dikumpulkan dari pihak ketiga.

Keputusan penutupan aplikasi ini dikarenakan adanya faktor ekonomi yang membuat perusahaan sulit mempertahankan operasionalnya. Dengan ditutupnya zenly, semua data pengguna akan dihapus secara otomatis, dan zenly tidak akan menyimpan data pengguna lagi.

Sebelum zenly benar-benar ditutup dan ingin mengunduh data riwayat lokasi, Anda dapat menggunakan cara berikut ini:

  1. Buka zenly
  2. Pergi ke pengaturan
  3. Ketuk “butuh bantuan”
  4. Ketuk “kirim permintaan”
  5. Beri tahu kami kalau kamu ingin mengunduh datamu!
  6. Kemudian akan segera diberitahu setelah data siap dan tim akan menjelaskan bagaimana bisa mengakses datanya dengan aman.

(AR/VAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *