doc : google.com

Banyaknya Masalah yang Menghantui Pendidikan Kita

Tanpa mengesampingkan masalah-masalah lama yang masih menghantui dunia pendidikan kita saat ini, masalah pendidikan masa kini perlu menjadi perhatian serius kita untuk mencari jalan keluar penyelesaian atau penanganannya. Dunia pendidikan saat ini memberikan fakta bahwasannya meskipun banyak kemajuan dalam bidang pendidikan baik dalam bidang kebijakan dan penerapannya dalam kehidupan masih terdapat banyak masalah yang terjadi.

doc : google.com

Pendidikan berfungsi sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak bangsa yang bermartabat serta sebagai tempat untuk berkembangnya potensi yang dimiliki peserta didik agar memiliki kepribadian yang baik. Kunci dari pendidikan itu sendiri adalah pengembangan watak atau karakter untuk menggali potensi diri. Namun demikian, perkembangan pendidikan saat ini banyak mengalami situasi yang tidak memungkinkan terwujudnya pendidikan yang berkualitas.

Masalah yang belum lama ini menjadi perbincangan hangat dalam dunia pendidikan adalah masalah kekerasan. Kekerasan dalam dunia pendidikan telah mencoreng citra pendidikan yang seharusnya menjadi wadah untuk pembelajaran, tetapi di salah artikan menjadi hal yang menakutkan. Kekerasan yang terjadi tak pandang usia dan jenis kelamin. Tindakan kekerasan kerap dialami oleh peserta didik maupun pendidik itu sendiri baik yang bersifat fisik maupun psikis. Kekerasan tidak boleh terus dibiarkan dan harus dihentikan dengan membuat komitmen bersama yang mengikat antara institusi pendidikan yang terkait agar tindakan ini dapat diminimalisir keberadaannya.

Selain itu, dunia pendidikan juga dicemari oleh dugaan plagiarisme. Tindakan ini menyalahi norma dan kejujuran akademik, tetapi juga mematikan kreativitas seerta merendahkan martabat bangsa. Tindakan ini harus diberantas dengan menindak lanjuti pihak yang terlibat dan harus ada peraturan yang tegas dan jelas agar tidak ada lagi tindakan seperti ini.

Kedua masalah tadi adalah sebagian kecil dari banyaknya permasalahan yang harus dibenahi oleh kita sebagai penerus bangsa. Pendidikan amat penting dan strategis untuk perkembangan suatu bangsa. Pendidikan berperan sebagai wadah utama untuk menciptakan keserasian dalam tatanan kehidupan. Kita dapat meminimalisir tindakan tersebut agar tidak terjadi lagi dengan turut serta dalam upaya pemberantasan tindak kekerasan dan plagiarisme guna terciptanya pendidikan yang berkualitas baik dan bermartabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *