static.promediateknologi.id

Indonesia Sambut Starlink: Manfaat dan Peluang Baru

Peluncuran layanan internet Starlink di Indonesia telah diresmikan oleh Elon Musk, pendiri perusahaan teknologi terkenal di dunia. Setelah berhasil diuji coba secara resmi di Ibu Kota Nusantara (IKN), sekarang Starlink resmi hadir di Puskesmas Pembantu I Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, pada hari Minggu, 19 Maret 2024. Penyelenggaraan diadakan di sebuah fasilitas kesehatan sesuai dengan tujuan Starlink, yaitu untuk menyediakan akses internet cepat dan terjangkau di daerah terpencil dan tertinggal. Dengan didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Elon menyatakan bahwa kehadiran Starlink di Indonesia akan memudahkan digitalisasi layanan di ribuan puskesmas yang ada di seluruh Indonesia.
Layanan internet Starlink yang dimiliki oleh Elon Musk hampir sama dengan layanan internet yang sudah ada di Indonesia. Starlink menggunakan satelit yang berputar di orbit rendah untuk mengakses internet. Gelombang elektromagnetik yang beroperasi pada frekuensi radio dan mikro, ditransmisikan ke stasiun atau transceiver di bumi. Teknologi ini memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan jaringan internet nirkabel. Di Indonesia, kecepatan internet Starlink jauh melebihi kecepatan internet umum. Pengguna dapat menikmati kecepatan download hingga 220 Mbps dan upload hingga 20 Mbps. Dengan kecepatan ini, bermain game dan menonton film secara online menjadi lebih mudah serta dapat membuka peluang baru untuk hiburan dan aktivitas online di daerah terpencil.

Sumber: awsimages.detik.net.id

            Nilai tambah dari Starlink adalah kemudahan instalasinya dan mobilitasnya yang memungkinkan pengguna untuk hanya perlu menghubungkan antena Starlink ke router, lalu menempatkannya di tempat terbuka dengan pandangan langit yang luas. Di samping itu, kemampuannya untuk bergerak memungkinkan pengguna membawa akses internet ke mana saja mereka pergi sehingga sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan internet di tempat-tempat terpencil atau sementara. Pemerintah Indonesia memberi sambutan yang baik kepada Starlink dan berjanji untuk mendukung pengembangannya.

            Dengan dukungan pemerintah bersama dengan keunggulan yang ditawarkan Starlink, dapat membuka peluang untuk masa depan internet Indonesia yang cerah. Diharapkan juga dengan izin pembangunan stasiun bumi Starlink di Indonesia dapat meningkatkan jangkauan layanan dan mempercepat kesetaraan akses internet. Starlink juga dapat menghasilkan kemajuan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Berkat internet yang cepat, stabil, dan mudah diakses di seluruh negeri, Indonesia dapat melangkah maju menuju masa depan yang lebih cerah dan sejahtera. (NYL/ND)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *