Sumber: tahurabandung.com

Mau Liburan Sambil Healing di Bandung? Intip 5 Rekomendasi Wisata Alam Kota Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi!

Libur panjang akan tiba beberapa minggu lagi. Siapa yang nggak sabar buat liburan? Para wisatawan juga tentunya sudah siap meramaikan destinasi wisata di berbagai daerah Indonesia. Bandung merupakan salah satu kota incaran para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Keindahan destinasi wisata di Kota Bandung sangat memanjakan mata bagi para wisatawan, terlebih wisata alamnya. Selain memanjakan mata akan keindahannya, wisata alam Kota Bandung juga memiliki berbagai macam karakteristik yang beragam.

Karena hal itu, menjadi alasan Kota Bandung dipadati oleh wisatawan tiap libur panjang dengan alasan banyaknya pilihan wisata alamnya. Rata-rata pengunjung yang datang adalah keluarga dan beberapa di antaranya merupakan sekumpulan teman serta pasangan muda yang sedang berlibur. Bukan hanya sekedar mengisi waktu liburan, melainkan juga mereka dapat merelaksasikan tubuh mereka dan melepas sejenak beban pikiran dalam kegiatan sehari-hari. Beberapa pilihan wisata alam di Kota Bandung yang dapat dijadikan destinasi liburan sekaligus tempat healing adalah sebagai berikut.

  1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau yang sering disebut dengan Tahura ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang dapat dinikmati oleh pengunjung karena tempatnya yang menyajikan pemandangan alam berupa air terjun, danau kecil, dan gua. Selain sebagai tempat wisata, Tahura juga merupakan tempat bersejarah masa penjajahan di Indonesia khususnya di Kota Bandung, loh!

Harga tiket masuk ke dalam taman ini juga masih terjangkau dengan harga Rp17.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp57.000,00 untuk wisatawan mancanegara. Selain itu, terdapat area camping yang dapat digunakan untuk wisatawan yang ingin merasakan sensasi berkemah di Tahura. Akses jalan untuk sampai ke Tahura sangat mudah karena tempatnya yang dapat ditempuh dari berbagai arah dari pusat Kota Bandung dan kondisi jalan yang sudah beraspal sehingga pengunjung tidak kesulitan menggunakan segala jenis transportasi. Tahura memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari toilet, tempat parkir yang luas, mushola, panggung terbuka, shelter, hingga taman bermain anak. Oleh karena hal itu, Tahura menjadi salah satu destinasi favorite para wisatawan. Informasi lebih lengkap dapat kunjungi situs tahurabandung.com dan sosial media Instagram @tahuradjuanda.official.

  1. Tebing Karaton

Tebing Karaton atau Tebing Keraton yang terletak di Puncak Kordon, RT 2/RW 10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat merupakan salah satu destinasi wisata alam yang masih satu wilayah dengan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini cocok untuk wisatawan dengan hobi tracking jalan kaki dan bersepeda karena berada di ketinggian 1200 Mdpl dan menyajikan pemandangan hamparan hutan pinus yang memanjakan mata.

Pada waktu tertentu, wisatawan yang beruntung dapat melihat langsung keindahan burung elang karena tebing ini menjadi tempat singgah burung elang, dan Tebing Karaton telah memberikan fasilitas tempat bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan tersebut berupa menara pemantau burung. Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan sunset dan sunrise dapat datang pada pagi hari serta sore hari karena jam pelayanan Tebing Karaton dibuka mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket masuk tebing ini juga masih terjangkau dengan harga Rp12.000,00. Informasi lebih lengkap dapat kunjungi situs tahurabandung.com dan sosial media Instagram @tahuradjuanda.official.

Sumber: tahurabandung.com

  1. Gunung Putri Lembang

Wisata alam yang satu ini memiliki ketinggian 1.587 mdpl dan masih tergolong mudah untuk dijangkau dengan tracking jalan kaki. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke puncak Gunung Putri Lembang sehingga hal ini tidak menyulitkan wisatawan yang ingin mencoba pengalaman mendaki gunung. Tentunya, Gunung Putri yang berlokasi di Desa Jayagiri, Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini menyajikan pemandangan yang tidak kalah menarik dengan destinasi wisata alam lainnya di Bandung. Selain menjadi tempat hiking bagi para wisatawan, Gunung Putri Lembang juga menyediakan fasilitas camping ground sebagai tempat berkemah bagi wisatawan di sini.

Gunung Putri Lembang erat kaitannya dengan cerita legenda populer di Indonesia, yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Putri Lembang ini menjadi tempat persembunyian Dayang Sumbi yang melarikan diri dari pernikahan dengan anak kandungnya sendiri, yaitu Sangkuriang. Selain itu, terdapat pula benteng tua peninggalan Belanda yang disebut dengan Benteng Jayagiri. Dengan jam operasional yang dibuka 24 jam, wisatawan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp25.000,00 dan biaya parkir kisaran Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00. Sangat terjangkau, bukan?

  1. Bukit Moko

Bukit Moko menjadi salah satu destinasi yang digemari oleh anak muda karena pada malam hari, dari ketinggian 1500 mdpl bukit ini menyajikan pemandangan lampu-lampu Kota Bandung atau sering disebut dengan puncak bintang yang menambah kesan romantis ditambah dengan suasana yang sejuk. Wisatawan dapat datang pada sore hari sehingga dapat menyaksikan sunset yang indah. Setelahnya, wisatawan dapat menyewa tenda di area camping ground agar di pagi harinya dapat menyaksikan sunrise yang tidak kalah indah.

Wisatawan juga dapat menyantap makanan yang dapat dibeli di Warung Daweung dengan biaya masuk Rp10.000,00. Tiket masuk Bukit Moko sendiri memiliki perbedaan untuk weekday dan weekend. Tiket masuk weekday dikenakan biaya sebesar Rp15.000,00 dan weekend sebesar Rp25.000,00. Namun, bagi wisatawan yang ingin masuk ke dalam area puncak bintang, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp8.000,00. Gimana EClicious, kalian tertarik gak, nih buat lihat keindahan puncak bintang di Bukit Moko?

Sumber: inews.id

  1. Sanghyang Heuleut

Keindahan kolam yang terbentuk secara alami dengan bebatuan alami dan air kobalt yang menyegarkan mata, terletak di Bandung Barat tepatnya Kp. Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat yang dapat ditempuh dengan kendaraan, baik motor maupun mobil. Wisatawan dapat memarkirkan kendaraan mereka di tempat parkir yang telah disediakan dan dapat melanjutkan perjalanan untuk menuju kolam air dengan jalan kaki melewati kebun pisang dan sungai kecil sejauh 3 kilometer dengan medan jalan yang berbatuan. Sangat menantang, kan?

Namun, EClicious jangan khawatir karena terdapat tour guide dari pengelola Sanghyang Heuleut yang dapat kamu sewa cukup dengan membayar biaya sebesar Rp100.000,00. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menikmati Sanghyang Heuleut, yaitu pakaian renang, plastik untuk membawa keperluan agar tidak basah, pakaian ganti, alas kaki yang nyaman selama perjalanan, dan makanan serta minuman untuk mengganjal perut kalian.

Nah, itu dia 5 pilihan wisata alam di Bandung yang dapat kamu kunjungi saat liburan panjang nanti. Kira-kira wisata alam mana aja yang akan kamu kunjungi, sobat EClicious? Jangan lupa tinggalkan jawaban kamu di kolom komentar, ya! (CAW/KNY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *