PRESS RELEASE PAS I PELATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI (PKMFE) 2024

Sabtu, 15 Juni 2024, Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM Fakultas Ekonomi UNJ telah menggelar acara PAS I Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi (PKMFE) dengan mengusung tema “Membangun Sifat Responsif Serta Aktif dan Percaya Diri Guna Mewujudkan Pemimpin yang Progresif”. Acara ini dihadiri oleh 150 peserta PKMFE, 52 panitia PKMFE, dan perwakilan OPMAWA/ORMAWA lembaga L. Acara berlangsung secara hybrid di Aula Latief, Gedung Dewi Sartika, Lantai 2, Kampus A, Universitas Negeri Jakarta.

Acara resmi dibuka oleh MC, yaitu Nadia Syahidah dan Salsa yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Rangkaian berikutnya dilanjutkan dengan pembacaan doa agar acara dapat berjalan lancar. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan Totalitas Perjuangan. 

Selanjutnya, rangkaian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh ketua pelaksana, yaitu Muhammad Rifqi Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Dosen Pembimbing BEM FE UNJ, Fajri Hamdani, S.Pd., M.M, serta penyampaian kata sambutan oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNJ, Dr. Indra Pahala, M.Si.

Sumber: SubDept Fotografi

Rangkaian acara selanjutnya, yaitu sesi pemaparan materi pertama yang dipimpin oleh moderator, Raihan Tauviqul Hady, Mawapres UNJ, mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Pemaparan materi pertama dibawakan oleh Agil Prasojo, mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, dengan topik pembahasan “Negotiate and Lobbying to Reach an Agreement”. Materi yang disampaikan dalam pembahasan ini berfokus pada kegiatan negosiasi dan lobbying yang dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar kampus. Tujuannya adalah untuk meningkatkan intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan mahasiswa dengan menekankan unsur kebangkitan yang bertujuan untuk memperbaiki isu-isu tertentu. Materi ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk bernegosiasi dan melobi secara efektif dalam berbagai konteks, termasuk akademis, organisasi, dan komunitas. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang melibatkan para peserta. Peserta sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan pembicara. Pembicara menjawab dengan informatif sehingga para peserta yang bertanya merasa puas dengan jawaban yang diberikan. Selanjutnya, terdapat sesi simulasi debat yang dipimpin dan dipandu oleh Raihan Tauviqul Hady serta diikuti oleh seluruh peserta PKMFE. 

Sumber: SubDept Fotografi

Sesi simulasi debat selesai, acara dilanjutkan dengan penutupan materi oleh moderator dan pemberian sertifikat kepada pembicara yang diberikan oleh Ketua Pelaksana PKMFE, Muhammad Rifqi Ramadhan. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penutupan moderator oleh MC dan pemberian sertifikat kepada moderator.

Rangkaian acara selanjutnya adalah sesi ice breaking, yang bertujuan untuk menghilangkan rasa jenuh serta rasa kantuk agar peserta dapat fokus kembali hingga rangkaian acara berakhir. Peserta turut aktif dan meramaikan sesi ice breaking. Setelah mengikuti sesi ice breaking, peserta kembali fokus dan antusias mengikuti acara sampai akhir.

Sumber: Dept Humas

Rangkaian berikutnya adalah sesi pemaparan materi kedua, yaitu “Kapita Selekta Eksekutif Tingkat Fakultas”, pada meteri ini BEM FE UNJ memperkenalkan program kerja dari berbagai departemen dan biro, yaitu terdapat BPHI, Departemen Edukasi, Departemen Sospol, Departemen Advokasi, Departemen Seniora, Departemen Kominfo, Departemen PSDM, Biro Administrasi, dan Biro Ekraf. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, meliputi materi yang telah disampaikan oleh berbagai Departemen dan Biro BEM FE UNJ. Para peserta dengan antusias berkontribusi untuk bertanya mengenai topik pembahasan yang telah disampaikan.

Sumber: Dept Humas

Rangkaian acara berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan materi sesi ketiga dengan tema “Sistem Tata Kelola Lingkungan.” Menariknya, pemaparan materi kali ini tidak dipaparkan oleh narasumber, melainkan dibawakan oleh kelompok dengan penugasan terbaik, yaitu kelompok delegatif, liberalisme, dan transformasional. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang melibatkan para peserta. Peserta sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan kelompok penugasan terbaik.

Setelah sesi pemaparan dari kelompok penugasan terbaik dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, acara resmi ditutup oleh MC pada pukul 13:40 WIB. Selanjutnya, MC memimpin para peserta untuk lanjut ke sesi dokumentasi. Kemudian, peserta diperbolehkan untuk meninggalkan acara yang diarahkan langsung oleh Tim K3. (SY/ND)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio