Sumber: its.ac.id

Prinsip Kaizen: Solusi Orang Jepang untuk Menghilangkan Rasa Malas dan Meningkatkan Produktivitas

Pernah nggak, sih kamu merasa malas yang begitu parah sampai sulit banget untuk bangkit dan melakukan sesuatu? Seperti ingin memulai kegiatan, terus berpikir, “Ah, ngerjainnya nanti aja, deh.” Akhirnya, kegiatan yang ringan dan nggak susah, menjadi semakin menumpuk dan semakin malas untuk dikerjakan, apalagi kalau dikerjakannya mepet dengan tenggat waktu.

Apa, sih alasannya? Biasanya karena malas, lalu, bagaimana mengatasi rasa malas agar produktivitas kita meningkat? Artikel ini akan membahas solusi Negeri Sakura atau Jepang untuk menghilangkan rasa malas dan meningkatkan produktivitas ala Kaizen.

Sumber: kajianpustaka.com

Rasa malas adalah salah satu tantangan terbesar yang sering menghambat produktivitas dan pencapaian tujuan. Banyak metode yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa malas, tetapi salah satu pendekatan yang terbukti efektif adalah prinsip Kaizen dari Jepang. Kaizen, yang berarti “Perbaikan Berkelanjutan”, adalah konsep yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghilangkan rasa malas dan meningkatkan produktivitas.

 “Kaizen is everyday improvement-every day is a challenge to find a better way of doing things. It needs tremendous self-discipline and commitment.” (Masaaki Imai, Founder of Kaizen Institute)

Sumber: finansialku.com

Dalam kebudayaan Jepang, Kaizen dikenal sebagai prinsip “Satu Menit” untuk pengembangan diri yang artinya prinsip yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu selama satu menit setiap hari di waktu yang sama. Bahkan untuk orang yang malas pasti bisa melakukan sesuatu untuk waktu satu menit tersebut dan dapat meningkatkan produktivitas. Cara kerja prinsip ini seseorang harus konsisten dan fokus berlatih melakukan sesuatu selama satu menit dan setiap hari pada waktu yang sama.

Dengan melakukan prinsip ini, perlahan akan merubah kebiasaan yang wajib dilakukan. Seiring berjalannya waktu di hari-hari setelahnya, satu menit itu akan berubah menjadi 30 menit atau bahkan berjam-jam sehingga hasil dari kegiatan tersebut sudah menjadi rutinitas dan dapat meningkatkan produktivitas. Jadi, jika kamu sedang berjuang melawan rasa malas, cobalah menerapkan prinsip Kaizen dan saksikan bagaimana satu menit dalam sehari bisa menjadi langkah kecil yang membawa perubahan besar dalam hidupmu. (AR/KNY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibom
betciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetcio