3M(Muker, Makrab, Mocab) 2019: CONFIDENCE D’BEST

  1. START WHERE YOU ARE, USE WHAT YOU HAVE, AND DO WHAT YOU CAN”

 

Econochannel telah melaksanakan 3M (Makrab, Muker, Mocab) salah satu agenda tahunannya. Agenda ini merupakan agenda rutin yang diadakan oleh LPM EconoChannel di awal kepengurusan baru setiap periode. 3M (Makrab, Muker, Mocab) merupakan singkatan dari Makrab (Malam Keakraban), Muker (Musyawarah Kerja), dan Mocab (Masa Orientasi Calon Anggota Baru). Tema 3M yang diusung tahun ini adalah D’Best (Dream Big Act Smart). Tidak kalah dengan tahun sebelumnya, tahun ini EconoChannel Kabinet Confidence tetap menciptakan suasana yang indah untuk diingat. Agenda tahunan ini merupakan salah satu agenda EconoChannel yang mampu mempererat silaturahmi dan mempertemukan anggota baru dengan para alumni EconoChannel.

3M kali ini diselenggarakan pada 15-17 Maret 2019, dengan menggunakan dua mobil tronton. Seluruh anggota EconoChannel terlebih dahulu berkumpul di Lapangan Terbuk UNJ untuk persiapan keberangkatan. Pukul 20.00 WIB para anggota berangkat menuju Villa Caroline, Bogor, Jawa Barat. Sekitar pukul 23.00 WIB seluruh anggota tiba di villa dan beristirahat. Kemudian, keesokan paginya pukul 06.30 WIB seluruh anggota berkumpul dengan tiap divisinya untuk sarapan bersama sambil membahas hal yang akan disampaikan saat Muker. Pukul 07.30 WIB, seluruh anggota berkumpul di aula untuk melaksanakan Muker (Musyawarah Kerja). Muker dibuka oleh Nurul Rahmadhany dan Nur Haliza, selaku pembawa acara. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana 3M yaitu Bima Bagaskara, berikutnya oleh Muhammad Rifki Septiawan selaku Pemimpin Umum EconoChannel, dan terakhir sambutan oleh salah satu Dewan Penasehat Organisasi (DPO), Yadiva Nicauri.

Setelah pembukaan tersebut, memasuki acara inti yaitu pemaparan program kerja dan non program kerja oleh seluruh Biro, Departemen, Subdepartemen, dan BPHI EconoChannel 2019. Pukul 11.30 WIB, Muker berakhir. Pukul 12.00 WIB, seluruh anggota kembali berkumpul di aula untuk salat zuhur berjemaah dan dilanjutkan makan siang bersama. Kemudian, kegiatan selanjutnya yaitu debat, seluruh anggota dibagi menjadi 2 sisi yaitu pro dan kontra. Debat berlangsung selama 1 jam dengan 3 tema yang diperdebatkan yaitu, Cinta Dalam Satu Organisasi, Adanya Lambe Turah, dan Majalah Digital Lebih Baik Daripada Majalah Fisik. Debat berjalan dengan baik, para anggota saling berargumen satu sama lain dan saling memperkuat sisinya.

Acara kembali dilanjutkan pukul 20.00 WIB dengan sharing bersama para alumni EconoChannel. Sharing ini diisi oleh Ilham Bhatara (Alumni Wakil Pemimpin Umum EC Precious), Deni Sukayugi (Alumni Bendahara 1 EC Precious), Ayu Astuti Arifin (Alumni Kepala Departemen Humas Precious), Ricky Arif (Alumni Biro Kestari Precious), Amalia Dhiaz (DPO EC Confidence), Yadiva Nicauri (DPO EC Confidence), Isdayanti (DPO EC Confidence), dan Zidni Ilman Navi’a (DPO EC Confidence). Sharing ini menceritakan pengalaman para alumni dan DPO  selama berada di EconoChannel dan memberikan motivasi serta masukan untuk anggota baru EC Confidence ke depannya agar lebih baik lagi.

Sharing berakhir pukul 21.00 WIB, kemudian acara dilanjutkan dengan Makrab (Malam Keakraban). Dari aula, para anggota diarahkan keluar villa dan disambut hangat oleh para pengurus EconoChannel Confidence  dengan adanya api unggun dan diiringi dengan lantunan lagu Mars EconoChannel. Malam semakin hangat ketika para anggota dengan kelompoknya masing-masing mempersembahkan sebuah penampilan yang menghibur semua anggota, pengurus dan alumni hingga semuanya larut dalam kebersamaan malam hari. Setelah cukup lelah bercengkerama dalam kebersamaan dan kehangatan api unggun, pukul 23.00 WIB seluruh anggota dipersilakan beristirahat.

Hari Minggu, pukul 02.00 WIB dini hari seluruh anggota dibangunkan untuk melakukan kegiatan Post to Post. Kegiatan Post to Post tersebut merupakan ajang Masa Orientasi Anggota Baru (Mocab), di mana loyalitas, komitmen, dan kontribusi para anggota EconoChannel dipertanyakan kesungguhannya di enam pos yang cukup membuat mental terbentuk dan keberanian dalam mengutarakan pendapat. Selain itu, kegiatan Post to Post ini bertujuan untuk menguji seberapa paham anggota baru mengenal EconoChannel. Kegiatan Post to Post berakhir pada pukul 04.00 WIB. Setelah kegiatan Post to Post, para anggota dan para pengurus EconoChannel mengucapkan Ikrar Organisasi yang dipimpin oleh Muhammad Rifki Septiawan, selaku Pemimpin Umum EconoChannel Confidence. Kemudian, pukul 05.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan salat subuh berjemaah. Setelah salat subuh, para anggota dipersilakan untuk istirahat kembali.

Pukul 06.00 WIB, di pagi yang segar seluruh anggota berkumpul di lapangan untuk melakukan senam pagi. Kemudian, dilanjutkan dengan tukar kado oleh para anggota dan pengurus EconoChannel. Setelah tukar kado, para anggota mengikuti permainan yang telah dirancang oleh panitia acara 3M guna melatih kekompakan dan kebersamaan antar anggota. Setelah kegiatan tersebut, para anggota dipersilakan untuk  persiapan pulang ke Jakarta. Pukul 11.00 WIB, seluruh anggota dan pengurus EconoChannel kembali berkumpul di aula. Penutupan acara 3M diisi dengan menonton video selama 3M, memberikan penghargaan kepada kelompok dengan yel-yel dan persembahan terbaik, kelompok pemenang games, dan peserta terbaik selama 3M berlangsung, serta penyampaian pesan dan kesan selama kegiatan 3M dari masing-masing pemenang. Selanjutnya, acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Muhammad Rifki Septiawan. Terakhir, 3M resmi ditutup setelah makan siang bersama.

Dilaksanakannya acara 3M ini, harapannya selain untuk menambah pengalaman, juga dapat memberikan manfaat untuk seluruh anggota serta tetap menjaga kesolidan antar anggota EconoChannel agar EconoChannel selalu menjadi media pers yang layak dipertahankan dan media pers yang maju terdepan, baik dalam lingkup Fakultas Ekonomi maupun di Universitas Negeri Jakarta. Hidup Pers Mahasiswa ! (CDF/DV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri