Tips Menerapkan Family Time lebaran di Masa Pandemi

Family time atau waktu bersama keluarga adalah momen ketika kamu dan anggota keluargamu melakukan kegiatan bersama. Family time mempunyai banyak manfaat, seperti menambah keharmonisan hubungan keluarga dan melepas penat di kala banyaknya kesibukan. Kegiatan ini dapat dimulai dari hal kecil, yaitu saling berkomunikasi dan berinteraksi dengan satu sama lain. Kamu bisa membiarkan dirimu tertawa lepas dengan keluarga. Walaupun terlihat sederhana, tetapi tertawa riang bersama keluarga bisa mengurangi stres dan depresi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta baik untuk kesehatan jantung. Manfaat lain yang juga tak kalah penting, yaitu dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga berarti menciptakan kenangan seumur hidup.

Tips yang dapat dilakukan agar quality time saat lebaran bersama keluarga semakin menyenangkan, yaitu:

  1. Memasak dan makan bersama

Nah, memasak ini bisa menjadi solusi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.dengan cara memilih resep baru untuk dicoba. Hal ini akan sangat menarik sehingga membuat rasa partisipasi untuk saling membantu bersama. Pastikan juga setelah memasak untuk makan bersama, kita dapat menikmati waktu ini untuk saling sharing mengenai kegiatan sehari-hari, berbagi pikiran atau perasaan, serta menghabiskan waktu berkualitas di meja makan.

Sumber gambar: Images.app
  1. Berkebun atau menanam di rumah

Dalam situasi pandemi seperti saat ini, berkebun dapat menjadi solusi untuk mengisi kegiatan di rumah saja. Kegiatan tersebut dapat dilakukan untuk mengisi quality time bersama keluarga. Dengan menyiapkan pot untuk menanam tanaman hias dan bibit apabila ingin menanam sayuran untuk dikonsumsi

  1. Menonton film bersama keluarga

Menonton film bersama keluarga juga dapat menghilangkan rasa bosan dan stres selama di rumah saja. Menonton film favorit dapat dengan berlangganan layanan streaming. Dengan begitu, suasana hati akan menjadi lebih baik dan kembali bersemangat.

Sumber gambar: Kompas.com
  1. Olahraga atau latihan bersama

Berolahraga di rumah mungkin untuk beberapa orang merupakan suatu hal yang sangat membosankan. Namun, berolahraga dengan anggota keluarga ternyata bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan. Pada masa pandemi seperti ini, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang utama agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

  1. Membersihkan rumah bersama

Membersihkan rumah bersama anggota keluarga juga merupakan kegiatan quality time yang produktif. Walaupun terdengar membosankan, tetapi jika dilakukan dengan bekerja sama bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan.

  1. Bermain bersama keluarga

Bermain permainan sederhana, seperti monopoli, ludo, dan ular tangga dapat menjadi salah satu ide yang menarik untuk mengisi kegiatan selama di rumah saja. Hal ini terlihat sangat menyenangkan dan dapat membuat hubungan keluarga semakin harmonis dan kompak.

Dalam situasi seperti ini, jadikanlah sebagai suatu momen agar dapat menghabiskan waktu bersama serta membuat kenangan indah. Dengan membuat beberapa lis kegiatan yang ingin dilakukan dapat membuat hubungan antara keluarga semakin dekat dan harmonis, serta mengurangi stres dan menjadi produktif. Selamat mencoba! (FSR/KAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *