Tips Mengatur Kembali Pola Makan Setelah Melakukan Puasa Ramadan

Perubahan pola makan secara tiba-tiba dapat memberikan dampak tertentu pada tubuh kita, apabila tidak secara perlahan dan bertahap dapat membuat lambung kaget juga memicu tingginya kadar gula darah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatur pola makan kita kembali setelah berpuasa sebulan kemarin:

  1. Makan dengan porsi yang kecil

Saat Lebaran, berbagai menu makanan tentunya tampak menggiurkan sehingga menggoda kita untuk langsung menyantapnya dalam porsi besar. Padahal, setelah berpuasa selama sebulan sistem pencernaan dalam tubuh kita telah mengalami adaptasi dan perubahan sehingga memerlukan penyesuaian kembali untuk dapat menyantap makanan dalam jadwal normal.

Dianjurkan untuk menyantap makanan dalam porsi kecil secara berkala dibandingkan mengonsumsi makanan dalam satu porsi sekaligus. Selain itu, usahakan untuk makan sajian sarapan dalam porsi kecil sebelum memulai jamuan makan besar agar lambung kita tidak kaget.

Sumber gambar: Detik news
  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayur tidak hanya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan pada tubuh kita, tetapi juga dapat mengganti kekurangan mineral saat tengah berpuasa. Dengan mengonsumsi buah dan sayur kita tidak perlu menambah suplemen vitamin untuk kembali ke program diet setelah berpuasa.

  1. Banyak minum air putih

Selama berpuasa, tubuh kita telah kehilangan banyak cairan karena kekurangan minum air putih/mineral. Untuk itu saat Lebaran sudah tiba mulailah untuk mengkonsumsi air dalam jumlah normal agar tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari rasa lemas, mengingat banyaknya kegiatan yang dilakukan saat Lebaran.

  1. Kurangi mengonsumsi cemilan

Saat lebaran tentu ada banyak sekali cemilan yang bisa kalian konsumsi, seperti jajanan gurih dan kue-kue kering sehingga akan lebih baik mengurangi bahkan tidak mengonsumsi cemilan secara berlebihan karena bila kalian makan terlalu berlebihan, bahkan di waktu-waktu yang tak seharusnya untuk makan, hal ini bisa mengganggu jam internal tubuh yang mengatur proses metabolisme seperti nafsu makan, pencernaan, pemecahan lemak dan lain sebagainya.(ELS/TAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom