{"subsource":"done_button","uid":"0192EBE1-5425-410D-9901-2AB7707A3521_1626756759292","source":"other","origin":"unknown","source_sid":"0192EBE1-5425-410D-9901-2AB7707A3521_1626756807606"}

Kreasi Olahan Daging Kurban yang Wajib Dicoba saat Hari Raya Iduladha

Perayaan Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Umat Islam merayakan Hari Raya Iduladha dengan menyembelih hewan kurban bagi yang mampu menunaikannya. Adapun hewan yang disembelih untuk ibadah kurban, yaitu kambing, domba, sapi, kerbau, dan unta. Tentunya setelah hewan disembelih dan daging dibagikan, kita akan memasaknya dengan berbagai macam menu untuk disajikan.

Umumnya, daging kurban akan diolah menjadi sate atau rendang. Namun, agar hidangan pada Hari Raya Iduladha tidak itu-itu saja, kamu bisa mencoba beberapa kreasi olahan daging kurban supaya tidak bosan menyantapnya. Yuk, mari kita simak!

  1. Bakso
Sumber: tirto.id

Orang Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Bakso bisa menjadi salah satu pilihan yang wajib kamu coba. Selain makanan yang sudah tidak asing lagi dengan lidah orang Indonesia,  bakso juga bisa disimpan dalam waktu yang lama setelah diolah. Selain itu, bakso juga bisa diolah sesuai dengan selera, seperti membuat bakso kuah, bakso goreng, ataupun bakso bakar.

  1. Daging Geprek
Sumber: cookpad.com

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ayam geprek. Nah, kali ini kita bisa mengganti ayam dengan memanfaatkan daging kurban, baik kambing maupun sapi, yaitu dengan diolah menjadi daging geprek. Makanan ini pastinya cocok banget buat kalian yang suka pedas.

  1. Sup Iga
Sumber: Remboelan

Jika kita membuat hidangan sate, tak lengkap rasanya jika tanpa adanya sup iga. Kamu bisa mengolah daging kurban dengan membuat sup iga dari daging sapi ataupun kambing. Untuk mengolahnya juga cukup mudah, yaitu dengan merebus iga sapi atau kambing bersama jahe, daun jeruk, dan daun pandan. Kemudian, tumis bumbu halus, seperti jahe, cengkeh, dan kayu manis hingga aromanya harum. Lalu, masukkan air hingga mendidih, tambahkan iga, tomat, wortel, dan bumbu sampai matang. Tambahkan bawang goreng dan seledri agar rasanya lebih nikmat.

  1. Beef Steak
Sumber: jagoanmasak.netlify.app

Jika kamu ingin makanan ala Eropa, beef steak sangat cocok untuk dijadikan referensi olahan daging kurban pada saat Hari Raya Iduladha. Beef steak juga cocok untuk yang ingin memadukan lemak daging dan sayuran. Hal ini tentunya juga agar gizi tubuh lebih seimbang.

  1. Bulgogi
Sumber: idntimes.com

Buat kamu yang suka makanan Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, bulgogi adalah makanan khas Korea Selatan yang berasal dari olahan daging sapi pilihan. Bumbu bulgogi ini, yaitu campuran kecap asin dan gula yang ditambah dengan bumbu lain bergantung pada resep dan daerah di Korea.

  1. Nasi Goreng Kambing atau Sapi

Jika kamu ingin membuat hidangan yang praktis, kamu bisa memilih nasi goreng untuk dijadikan santapan saat Hari Raya Iduladha. Cukup dengan memotong daging kambing atau sapi dalam bentuk kecil dan mencampurkannya ke dalam olahan nasi goreng agar lebih terasa akan sensasi Hari Raya Iduladha.

Nah, itulah beberapa kreasi olahan daging kurban yang wajib kalian coba agar kalian tidak bosan dengan olahan daging yang itu-itu saja. Jadi, makanan mana nih yang bakal kalian masak untuk dinikmati di Hari Raya Iduladha tahun ini?  Makanan apapun yang kalian pilih, semoga bisa dinikmati bersama keluarga, saudara, maupun teman-teman semua ya! (PTRY/KAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *