WISUDA VIRTUAL FAKULTAS EKONOMI UNJ MELULUSKAN MAHASISWA BERPRESTASI

Rabu, 13 Oktober 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta telah melaksanakan wisuda semester 114 dalam Program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor yang dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Kampus B Universitas Negeri Jakarta dan disiarkan melalui Zoom Meeting.

Keadaan yang masih diselimuti pandemi COVID-19, Pak Indra selaku Dekan FE UNJ  menyatakan bahwa acara wisuda ini belum sesuai yang diharapkan, karena masih ada wisudawan dan wisudawati yang berharap di bulan oktober ini dapat dilakukan secara luring. Seperti yang terlihat, wisuda berlangsung secara hybrid dimana pak rektor, anggota senat UNJ, dan bapak ibu dekan berkumpul di Gor Kampus B. Belum terlalu memuaskan, karena ada yang menginginkan luring dan mayoritas bergabung di aplikasi Zoom yang sebenarnya ini untuk kebaikan semua dikarenakan pandemi yang belum usai.

Walaupun begitu, Pak Usep mengatakan bahwa tidak boleh mengeluh, karena wisuda online hanya satu-satunya pilihan untuk saat ini. Harus terus bersyukur dengan segala keterbatasan, mahasiswa masih bisa lulus, acara wisuda bisa tetap khidmat dan berjalan sesuai rencana. Lagipula, wisuda semester 114 ini dilakukan secara daring bukanlah yang pertama, pihak fakultas dan panitia juga mulai terbiasa sehingga tak perlu persiapan yang susah agar acara bisa jalan dengan lancar.

Nur Indah yang berhasil menjadi lulusan terbaik S-1 Pendidikan Ekonomi merasa sangat bahagia. Sebelumnya ia tidak menyangka bisa menjadi wisudawan terbaik, karena baginya bisa lulus tepat waktu empat tahun saja itu sudah karunia yang luar biasa dari Allah. Mendapatkan predikat sebagai wisudawan terbaik itu bukan hanya sekadar reward, tapi ‘lebih’ daripada reward yang di dalamnya terdapat amanah yang diberikan untuknya dengan harapan di dalam kehidupan pascakampus nantinya bisa menjadi panutan dan contoh bagi orang banyak, baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat. Selain itu, ia juga bahagia sekali karena orang tuanya bisa menyaksikannya yang sudah berjuang selama 4 tahun mengemban pendidikan di UNJ dan akhirnya bisa lulus menjadi wisudawan terbaik.

Begitu pula dengan Winda yang merupakan lulusan terbaik D-3 Administrasi Perkantoran, ia merasa sangat senang dan ada kebanggan tersendiri karena itu merupakan prestasi hebat yang sudah dicapainyai selama 3 tahun kuliah. Awalnya ia tidak percaya, selama kuliah hanya melakukan tugas sebagai mahasiswa, disiplin mengerjakan tugas, membangun relasi, ikut berbagai kepanitiaan untuk acara di prodi maupun fakultas, intinya ia berusaha untuk melakukan yang terbaik dan memberikan semuanya secara maksimal.

Menurut Pak Usep, untuk membangun mahasiswa berprestasi itu dapat dimulai dari semester pertama yang sudah harus masuk program talent scout, untuk mendeteksi bakat mereka sedini mungkin. Kemudian, harus ada pendampingan dan dukungan baik moril maupun materil, agar bakat mereka tersebut bisa terasah. Buat segmentasi bakat, mana yang bersifat fisik, mana yang bersifat kreativitas, mana yang bersifat ilmiah. Lalu, tangani seoptimal mungkin agar setiap waktu kita punya prestasi yang baik, tingkat nasional, maupun tingkat internasional. Prestrasi mahasiswa harus dapat terukur hingga indeks kinerja utama kampus bisa tercapai.

Selama pandemi terjadi, Faiz yang merupakan lulusan terbaik S-1 Pendidikan Bisnis mengaku bahwa waktu luangnya diisi dengan mengikuti pelatihan pelatihan yang sesuai dengan passion atau yang relate dengan dunia kerja, dan juga mencoba untuk keluar dari zona nyamannya.

Dari segi pembelajaran tentukan target atau capaian yang akan dicapai. Dari segi penyusunan skripsi, harus sudah mempunyai pegangan judul yang akan diajuin ke dospem, setelah judul sudah diacc langsunglah targetkan dalam 1 minggu sudah menyusun 1 BAB lalu bimbingan kalau merasa bosan dan lelah. Tips dari Mayang Puspita Devi yang merupakan lulusan terbaik S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran menyusunnya skripsinya dengan melihat waktu, dari pagi sekitar pukul 05.00 s.d. 10.00 WIB dengan jeda istirahat 30 menit, dan dilanjutkan di sore hari pada pukul 16.00 WIB s.d. selesai.

Tips lainnya untuk menjadi berprestasi, Kandi yang merupakan lulusan terbaik D-3 Manajemen menyatakan bahwa harus selalu  semangat, mempunyai list tentang apa aja yang harus dilakukan dan dicapai, berani untuk mencoba suatu hal. Jika hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi, bisa dicoba lagi dengan strategi lain yang dianggap lebih efektif.

Berbeda halnya dengan Ukhti yang merupakan lulusan terbaik S-1 Akuntansi, tips yang ia berikan untuk terus berprestasi adalah selau mencari ilmu di dalam maupun luar UNJ, mengikuti organisasi, kepanitiaan, magang, bekerja, dan yang pasti berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selalu percaya kepada Tuhan bahwa apa yang diberikannya  adalah yang terbaik untuk kita.

Cassania yang merupakan lulusan terbaik S-1 Manajemen mengatakan bahwa selama kuliah di UNJ ada momen yang tidak bisa dilupakan seperi menikmati menjadi mahasiswa yang kuliah rapat kuliah rapat walaupun besoknya ada jadwal UAS, banyak bertemu dengan orang-orang baru di dalam maupun di luar kampus, dan mengikutinya banyak kegiatan kampus.

Harapan Ega fitriyani yang merupakan lulusan terbaik D-3 Akuntansi untuk FE ke depannya bisa terus maju dan lebih baik lagi, bisa menjadi fakultas terbaik di Universitas Negeri Jakarta, dan nantinya banyak mahasiswa dari FE yang berprestasi dan dapat bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya, Fakultas Ekonomi bisa lebih sukses dan berkembang lebih baik lagi, tak lupa, Ega mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Ekonomi yang sudah menerimanya menjadi salah satu bagian dari FE, ia sangat bersyukur bisa menjadi mahasiswi dari program studi D-3 Akuntansi.

(AR/NAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *