Hadirkan Solusi Inovatif Program “Sampah Jadi Pulsa” Bersama Indosat Ooredoo Hutchison (IOH)

Sumber foto: Tabloidpulsa.id

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, sukses membuat solusi inovatif pemulihan dan pelestarian lingkungan dengan program “Sampah Jadi Pulsa”. Tidak hanya Dinas Lingkungan Hidup, IOH juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor serta Mall BTM Bogor dalam upaya keberhasilan program kerja tersebut. Pada program ini, IOH memberikan layanan berupa penukaran botol plastik bekas dengan pulsa IM3 maupun Tri melalui Reverse Vending Machine (RVM) Plasticpay yang ditempatkan di Mall BTM Bogor.

Peluncuran program Sampah Jadi Pulsa ini, dilakukan pada Jumat (24/6) oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bogor Deni Wismanto, Direktur Mall BTM Bogor Samuel Koshan, dan President Director & CEO IOH Vikram Sinha. Wali Kota Bogor, Bima Arya, berkesempatan memasukkan botol ke dalam RVM untuk ditukarkan menjadi sejumlah poin pulsa yang dipandu oleh CEO Plasticpay Suhendra Setiadi.

Program ini dinilai mampu memberikan manfaat terutama dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan bahaya sampah plastik dalam kehidupan. Selain itu, penggunaan RVM cukup mudah untuk dioperasikan oleh masyarakat awam.

Sumber foto: JabarEkspres.com

Masyarakat hanya perlu mengunduh dan mendaftarkan diri pada aplikasi Plasticpay yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Lalu, masyarakat dapat menuju RVM yang telah ditempatkan pada Mall BTM Bogor untuk memasukkan botol plastik yang akan ditukarkan menjadi pulsa IM3 atau Tri senilai 10.000. Poin yang terkumpul juga dapat ditukarkan pada beberapa pilihan di menu aplikasi, seperti kuota data, telepon, SMS, serta aktivasi layanan Over the Top (OTT) untuk streaming music maupun film.

Selain itu, botol yang terkumpul pada RVM akan dikelola oleh Plasticpay sebagai bentuk pemberdayaan komunitas mitra UMKM berupa kerajinan tangan. Plasticpay adalah salah satu platform digital yang mengajak masyarakat untuk mengubah sampah botol plastik menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat.

Dengan demikian, program “Sampah Jadi Pulsa” tidak hanya menekan pelestarian lingkungan hidup, tetapi juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk mendaur ulang sampah menjadi hal yang lebih bermanfaat. (FV/AIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *