Sumber: voaindonesia.com

KEREN, INDIA MELUNCURKAN ATM KOIN EMAS PERTAMA DI DUNIA

Automated Teller Machine atau ATM merupakan sebuah alat elektronik yang melayani nasabah untuk mengambil uang dan mengecek rekning tabungan tanpa perlu dilayani oleh seorang teller. Mesin ATM yang sering kita lihat dimana-mana biasanya hanya digunakan untuk mengambil atau menyimpan uang saja, tetapi seiring berkembangnya zaman, ATM tidak hanya digunakan untuk mengambil atau menyimpan uang saja, melainkan dapat digunakan untuk membeli emas.

Baru-baru ini, India meluncurkan ATM yang dapat mengeluarkan koin emas. Tepatnya ATM ini terletak di Hyderabad, kota di India Selatan. ATM ini diberi nama ATM Goldsikka yang merupakan ATM emas pertama di India, bahkan pertama di dunia yang memungkinkan penggunanya untuk menarik koin emas, seperti menarik uang tunai dari ATM yang biasa orang-orang lakukan. ATM koin emas ini dibuka untuk umum pada 3 Desember. ATM ini diluncurkan oleh Goldsikka Pvt Ltd yang merupakan perusahaan distributor emas yang bekerja sama dengan OpenCube Technologies Pvt Ltd sebagai perusahaan startup.

Berdasarkan keterangan resmi yang diberikan perusahaan, ATM emas ini memungkinkan nasabahnya untuk membeli emas tanpa harus pergi ke toko perhiasan. ATM ini tersedia 24 jam setiap hari sehingga memungkinkan nasabahnya untuk membeli emas sesuai dengan budget yang mereka miliki. Nasabah dapat membeli koin emas dengan berat mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram karena mesin ATM ini memiliki kapasitas penyimpanan mencapai lima kg emas. Koin-koin emas yang ada di mesin ini merupakan koin-koin emas 24 karat yang bersertifikat 999 sehingga nasabah akan mendapatkan hasil investasi yang sesuai dengan harga pasar dan tidak kehilangan nilai nominal dari koin-koin emas tersebut.

Sumber: indozone.com

Nah, untuk penggunaan mesin ATM ini seperti menggunakan mesin ATM biasanya, yaitu dengan menggunakan kartu debit dan kredit, bahkan perseroan menawarkan smart card prabayar dan pascabayar yang dapat digunakan untuk membeli emas sehingga mereka dapat memilih metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan mereka. Di dalam mesin ATM emas ini, terdapat delapan kombinasi yang dapat dipilih pelanggan untuk memiliki berat koin emas, yaitu 0,5 gram, satu gram, dua gram, lima gram, 10 gram, 20 gram, 50 gram, dan 100 gram. Penggunaan waktu untuk seluruh transaksi pun kurang dari satu menit. Dengan adanya peluncuran mesin ATM emas ini, membuat masyarakat dapat membeli emas dengan harga yang serendah mungkin dan dapat diakses oleh lebih banyak orang. (SF/REI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibom
betciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetcio