Sumber: thewllnesscollective.in

Veganisme Lebih dari Sekadar Makanan

Pernah mendengar istilah vegan? Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah vegan atau vegetarian, tetapi tahukah kamu ternyata vegan berbeda dengan vegetarian. Vegetarian masih mengonsumsi susu, telur, dan madu karena itu tidak berasal dari hewan yang dibunuh. Sedangkan veganisme adalah gaya hidup yang menghindari produk apa pun yang berasal dari hewan. Tidak hanya soal makanan, tetapi juga barang seperti baju kulit atau kosmetik yang mungkin mengandung bahan hewani atau diuji coba pada binatang.

Banyak alasan orang-orang memilih untuk menjadi vegan, seperti alasan kesehatan, rasa cinta  terhadap binatang, kontribusi dalam menjaga lingkungan, atau karena menurut mereka itu lebih beretika. Veganisme lebih dari sekadar diet, ini adalah pilihan hidup dan bentuk aktivisme. Namun, cocok atau tidaknya gaya hidup vegan tidaklah pasti karena setiap orang memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda. Hal itu bergantung pada beberapa faktor, seperti kondisi kesehatan, pola makan, gaya hidup, dan komitmen individu.

Pada awal November 1940-an, komunitas vegan pertama kali berkumpul di Attic Club, London. Gerakan vegan modern berkaitan erat dengan komunitas tersebut. Awalnya, gerakan vegan ini lebih condong pada perjuangan hak-hak hewan. Namun akhir-akhir ini, aktivis vegan juga menyoroti hubungan antara konsumsi dan penggunaan produk hewani dengan perubahan iklim. Dalam perkembangannya Hari Vegan Sedunia pun diperingati setiap 1 November untuk menandai berdirinya lembaga dan bulan November dianggap sebagai Bulan Vegan Dunia.

Sumber: ivsvsi.org

Di Indonesia terdapat komunitas vegan yaitu, Vegan Society of Indonesia (VSI) yang merupakan Organisasi Vegan (tanpa susu, telur, dan madu) Indonesia yang bersifat nirlaba, yang berdiri di Jakarta pada tanggal 8 Agustus 2009. VSI telah terdaftar menjadi anggota Internasional Vegetarian Union (IVU) sejak tahun 2010, dan sebagai anggota World Vegan Organization (WVO) sejak tahun 2017.

Visi, misi, dan program dari Vegan Society of Indonesia (VSI), yaitu menyebarluaskan, mengedukasi dan menyosialisasikan informasi seputar kehidupan vegan di Indonesia. Apakah kamu tertarik untuk mencoba gaya hidup vegan? (RCR/ELZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Güvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleriGüvenilir slot siteleri
sahabetextrabetcasibomvaycasinocasibombuca profilo servisimynet oyunbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetistbetist