Jakarta Masuk 20 Kota dengan Gaya Hidup Sehat

Jakarta atau secara resmi bernama Daerah Khusus Ibukota Jakarta merupakan ibu kota negara dan kota terbesar yang ada di Indonesia. Provinsi DKI Jakarta juga memiliki luas daratan mencapai 661,52 km2 dan lautan seluas 6.977,5 km2 serta tercatat ±110 pulau yang tersebar di Kepulauan Seribu. Pada tahun 2020, Jakarta tercatat memiliki populasi mencapai 10,56 juta, saat ini telah tercatat sebanyak 273.879.750 jiwa dan Jakarta masuk sebagai 20 kota dengan gaya hidup sehat pada peringkat ke 17.

Lembaga riset YouGov yang berbasis di Inggris baru saja merilis daftar puluhan kota di dunia yang memiliki gaya hidup sehat. Terdapat banyak aspek yang menjadi indikator dari penilaian sebelum menentukan peringkat untuk kota dengan gaya hidup sehat saat ini. Kota dengan gaya hidup sehat yang dimaksud oleh penelitian ini merupakan sebuah kota yang memungkinkan masyarakat atau penduduknya didukung secara penuh untuk menjalani pola dan gaya hidup sehat yang menyeluruh. Kurang lebih ada 10 aspek yang dijadikan sebagai penilaian beberapa di antaranya, yaitu kondisi lingkungan sekitar, fasilitas untuk aktivitas luar ruangan, tingkat polusi, dan masih banyak lagi. Penilaian tersebut ditujukan untuk 44 kota besar yang ada di seluruh dunia. Kota ini tersebar di Eropa dan juga Asia, termasuk salah satunya adalah Jakarta.

Kota dengan gaya hidup sehat memiliki arti sebagai kota yang memungkinkan masyarakat atau penduduknya dapat didukung secara penuh untuk menjalani pola dan gaya hidup sehat secara menyeluruh. Dari penilaian yang dilakukan, Amsterdam tercatat menempati peringkat pertama, diikuti oleh Sydney dan Vienna, sementara Jakarta menempati peringkat ke-17.

Menempati posisi sebagai 20 besar menjadikan Jakarta patut diapresiasi dan dibanggakan, peringkat tersebut nyatanya mengalahkan kota besar lainnya, seperti Paris, Tokyo, London bahkan New York. Dari 10 aspek penilaian ini, Jakarta masih terbilang tinggi untuk kadar polusi. Skor polusi Jakarta berada diangka 84.39 dan termasuk kota dengan polusi tertinggi, dibandingkan dengan Vienna yang hanya menempati skor polusi 17.33 dan Amsterdam yang memiliki skor polusi 30.93. (NA/VAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *