IPB Careet Development Training : How to built your personal branding?

Sabtu, 16 Mei 2015, BEM IPB mengadakan seminar Career Development Training dengan tema “Stand Out in Your Future Career.” di gedung Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Darmaga. Acara ini merupakan acara tahunan ke-4 yang diadakan oleh BEM Universitas IPB. “Sesuai dengan tujuan diadakannya acara ini di tahun-tahun sebelumnya, acara ini diadakan untuk memberikan informasi mengenai kehidupan pasca kampus bagi teman-teman mahasiswa yang ingin memulai diri dalam berkarir di sebuah perusahaan nanti. Personal Branding diambil sebagai inti tema karena saat ini mahasiswa masih kurang dalam menonjolkan diri mereka saat nanti melamar kerja” tutur Iben, Ketua Pelaksana Acara tersebut.

Seminar pertama bertema personal branding yang dibawakan oleh Freddy Rangkuti, MD FRAI Marketing. Salah satu kutipan yang didapat adalah untuk memperkenalkan brand yang kita miliki bukanlah hal yang mudah, butuh proses. Namun, selalu ada kemudahan dibalik kesulitan

Acara dilanjutkan dengan icebreaking dan hiburan dari Coast FEM dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan manajemen IPB membawakan Medley lagu-lagu hit indonesia. Hiburan memuncak ketika lagu story of my life dikumandangkan diiringi dengan tepuk tangan dari peserta.

Sesi kedua dilanjutkan dengan seminar bertema The Secret of Personal Branding yang dibawakan oleh Amalia E. Maulana, Ph. D., seorang etnographer di Etnomark, dengan judul presentasi Personal Branding Of Young Professional. Sambil share and care, beliau meminta peserta untuk menuliskan siapa diri mereka dalam satu kalimat dalam secarik kertas. Intisari dari hal tersebut bahwa apakah yang kita pikirkan sesuai dengan apa yang orang lihat terhadap kita, karena itulah yang dinamakan personal branding. Pasalnya masih banyak ketidaksesuaian antara apa yang kita pikirkan dengan yang orang lain pikirkan tentang kita, serta masih banyak yang belum peduli tentang hal ini. Padahal hal ini penting bagi kita mahasiswa, apalagi yang sebentar lagi harus bisa menjual diri kita saat melamar kerja ke perusahaan-perusahaan yang kita tuju. Sedangkan, Leonita Julia memulai presentasinya dengan menampilkan cuplikan film Hancock yang sangat kental dengan Public Relation. Ia juga berbagi cerita bahwa ia memulai di dunia PR dari media sosial twitter dan blog. Ia adalah orang yang inspiratif dimana mimpi-mimpi kecil semua dapat terwujud melalui menulis. Ia membuktikan bahwa jika ingin dikenal jangan hanya membaca tulisan namun mulailah dengan menulis. Terakhir, ia memberikan quote kecil yang bebunyi “when they mention your name, what they feel about that, negative or positive?”.

Acara diakhiri dengan coaching clinic bagaimana cara membuat CV yang benar oleh KonsultanKarir.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri